Kue Perape - Pare




Bismillah

Kue perape dari banjarmasin atau kue pare dari palembang ini memiliki bentuk seperti pare atau paria.

Hanya saja kue pare dari palembang lebih sering asin, sehingga sering dinamakan kue pare asin. Saya mau buat tapi belum nemu resepnya. Kalau teman-teman ada yang tau, boleh dong ya diinfokan ke saya. Kalau kue perape ini isannya kelapa parut gula merah atau lebih dikenal unti. Unik ya jajanannya. Mirip-mirip kue ku tapi beda isi. Dan ini lebih kesat (tidak berminyak) karena dioles santan.


Ada juga ni dari kalimantan juga, namanya wadai papari. Hampir sama dengan perape tapi bentuknya melengkung. Diatasnya dikasi tahilala namanya. Karena disini nggak ada santan asli, sulit sekali harus membuat tahilala yang terbuat dari lemak santan kepala. Motifnya juga garis-garis dan dibuat menggunakan gedebong pisang. Kalau perape ini saya bentuk dengan garpu saja garis-garisnya. Masih belum begitu kelihatan. Mungkin lebih bagus menggunakan punggung pisau seperti saya menbuat kue ku labu kemarin. Motifnya lebih keliatan.



Oke deh...bagi yang suka jajanan tradisional..boleh ni mencoba resepnya. Kenyal-kenyal dari luarnya dan untinya yang manis.





Resep Kue Perape
Sumber: Sajian Sedap

Bahan Kulit:

1. 250 gram tepung ketan
2. 1 sdm air kapur sirih
3. 1/4 sdt garam
4. 175 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
5. 50 ml air daun suji (dari 30 lembar yang ditumbuk)
6. 4 tetes pewarna hijau tua
7. 4 tetes pewarna hijau muda

Bahan Isi:

1. 50 ml air
2. 75 gram gula merah, disisir halus
3. 15 gram gula pasir
4. 100 gram kelapa setengah tua, dikupas, parut kasar
5. 1 lembar daun pandan
6. 1/8 sdt garam

Bahan Olesan:

1. 50 ml santan kental (dari 100 gram)
2. 1/8 sdt garam 

Cara Membuat:

1, Kulit: aduk tepung ketan, air kapur, dan garam. Masukkan campur santan, air daun suji, dan pewarna. Uleni sampai rata.
2. Rebus air, gula merah, dan gula pasir. Saring.
3. Tambahkan kelapa, daun pandan, dan garam. Aduk sampai matang.
4. Ambil adonan kulit 1 sendok makan, pipihkan. Tambahkan isi, bentuk lonjong. Buat guratan-guratan hingga membentuk seperti paria.
5. Rebus bahan olesan sampai mendidih.
6. Oles bagian atas kue dengan santan. Alasi daun pisang. Kukus 10 menit. Sambil dibuka-buka tutup pancinya. Sebelum disajikan, oles lagi dengan santan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

No comments: