Kue Lumpur Ubi



Bismillah

Pagi ini zauji membeli sekotak ubi. Katanya mau dibikinkan kolak ubi.
Kalau lihat sekotak gini, langsung timbul ide macam-macam, mau buat olahan ubi selain kolak tentunya. Segera sebagiannya saya kukus, dan sebagiannya saya bikin kolak seperti pesanan zauji. Yang dikukus tadi saya haluskan, masukkan ke dalam tupperware dan simpan di dalam kulkas. Supaya saat dibutuhkan, tinggal ambil aja. Nggak perlu mengukus dan menghaluskan lagi.

Karena jumat ada taklim, sebenarnya sih penyuluhan kesehatan di rumah seorang ummahat, sekalian adik ipar yang baru datang dari indonesia. Saya membuat lumpur ubi ini. Alhamdulillah udah makin ramai aja disini. Ada adik dan ada istri adik serta adik dari suami. Senang aja, ada teman ngobrol, ada tempat nitip anak juga, hehehe. Membuat kue lumpur insyaAllah udah sering ya. Dan udah banyak variasi kue lumpur di blog ini. Sekarang variasinya dengan ubi. Sebenarnya kepengennya itu ubi ungu, tapi mesti ke indo lah ya supaya bisa bikin. Alhamdulillah kue lumpurnya enak, cuma karena buat pas puasa, jadi agak kurang manis sedikit aja. Soalnya saya kan nggak pakai susu kental manis, saya skip, mungkin itu penyebabnya nggak begitu manis. Tapi zauji bilang enak dan lembut kue lumpurnya. Walaupun nggak begitu manis, tapi ada manis dari kismisnya. Resepnya saya culik dari blog mbak rina audie. Sengaja pilih resep ini, karena yang paling minim telur. Tapi testimoninya tetap lembut. Ini ya resepnya.


Resep Kue Lumpur Ubi

Bahan :

1. 200 ml air
2. 150 gram tepung terigu
3. 2 sdm tepung jagung
4. 1 sdm tapioka/aci/kanji
5. 50 gram gula pasir
6. 75 ml minyak goreng
7. 1/4 sdt garam halus
8. 250 gram bubur ubi merah kukus, haluskan 
9. 2 butir telur utuh
10. 200 ml santan matang dari 1/2 butir kelapa (direbus, dinginkan kemudian diukur 200 ml ya)
11. 50 ml susu kental manis
12. Kismis yang telah direndam air suam kuku, secukupnya

Cara Membuat :

1. Masukkan tepung beras, tepung jagung, tapioka, gula pasir, garam dan minyak goreng ke dalam panci. Tuangi air dan diaduk sampai rata dan licin. Nyalakan api dan masak sampai kental dan pekat. 2. Matikan api dan dinginkan.
3. Masukkan ke dalamnya ubi merah halus dan telur, kocok menggunakan mixer speed rendah sambil dituangi santan sampai rata. 
4. Terakhir masukkan susu kental manis, kocok lagi sampai rata.
5. Panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil dan olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan sampai hampir penuh, tutup dan masak sampai setengah matang. 
6. Beri kismis. Tutup kembali dan masak sampai permukaannya matang. Jika permukaannya disentuh menggunakan jari tidak basah artinya sudah matang. Angkat dan dinginkan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love






post signature

No comments: