Luqaimat (لقيمات) - Gaimat



Bismillah

Suprise ketemu resep makanan khas arab lagi. Entah kenapa gejala terobsesi masakan arab udah kelihatan.
Dari seringnya buka youtube tentang cemilan arab. Sejak cooking class kemarin, jadi mulai terfikir buat sering-sering mencoba makanan khas arab. Mumpung disini, belajar sepuas-puasnya, mumpung juga bahannya ada. Kalau sudah pulang ke indonesia moga aja bisa dipraktekkan.

Luqaimat adalah makanan penutup yang terkenal antara Arab. Mesir, Lebanon, Suriah, dan Yordania. Mereka menyebutnya Luqmat al Qadi - Summit Alkadhi- dan mereka membuatnya dengan cara yang berbeda dibanding negara-negara Teluk, meskipun mereka semua terlihat sama.
Beberapa resep memakai yoghurt, yang lain menggunakan baking powder dan susu, beberapa negara-negara Teluk Arab menggunakan tepung, ragi kering, kunyit, dan kapulaga saja.

Kue ini tidak manis, oleh karena itu, madu, sirup biasa, atau sirup kurma harus dituangkan di atas kue. Luqaimat biasanya dibuat dalam bulan Ramadhan dan dan nikmat dimakan ketika berbuka puasa.

Luqaimat itu renyah diluar dan kenyal dan lembut di bagian dalam. Mirip donat tapi kenyal dan lembut. Membuatnya juga simpel dan cepat. Menggoreng gaimat harus dengan cara yang benar. Jika minyak terlalu panas, gaimatnya akan mentah di dalam, dan jika minyak tidak cukup panas, kue ini akan menyerapnya. (Sedikit disadur dari munaita). 

Saya menemukan resep ini di facebooknya mbak mitry, senang juga ketemu resep yang simpel begini. Dan kebetulan lagi laper dan pengen ngemil-ngemil.


Resep Luqaimat (لقيمات) - Gaimat
Sumber: Mitry Sumitri

Bahan:

1. 2 1/2 cup tepung terigu
2. 560 ml air hangat ( bisa kurang tergantung tepung menyerap air ) 
3. 2 sdm tepung maizena
4. 2sdm gula pasir
5. 2 sdm plain yogurt 
6. 2 sdm susu bubuk 
7. 1 sdm ragi instan 
8. 1 sdt cardamon powder
9. 1/2 sdt garam 
10. 1 sdt air mawar ( bisa di skip)
11. Sejumput saffron
12. 1 liter minyak goreng 
13. Date syrup atau madu kurma secukupnya.

Cara Membuat:

1. Campur bahan kering jadi satu aduk rata dengan whisk.
2. Buat lubang di tengah masukan yogurt dan air , aduk rata ( adonan konsistensinya seperti bubur ). 3. Tutup adonan dan istirahatkan selama kurang lebih 30 sampai 45 menit.
4. Panaskan minyak menggunakan tangan ambil adonan lalu goreng dengan panas sedang sampai matang . Tiriskan dan baluri dengan date syrup. 

Selamat Mencoba ^_^

With Love





post signature

2 comments:

Rika Oktianti said...

Ayo Mba Selma, dieksplor lg camilan dan masakan arabnya.

selma alan said...

Ok mbak rika..siap..hihi
Belajar dulu ni..semoga cooking classnya ada lagi