Ifumie ala Solaria




Bismillah


Salah satu restoran favoritku di indonesia adalah solaria. Makanannya unik dan enak.
Harganya pun nggak bikin kantong kempes. Zaman masih kuliah dulu, hampir setiap kali makan siang sering ke restoran ini. Dan menu yang paling sering saya pesan adalah ifumie. 

Ifu mie adalah sejenis makanan Tionghoa. Makanan ini berbentuk bakmie yang telah direbus lalu digoreng lagi sampai garing berbentuk sarang. Kemudian di atasnya disiram dengan tumisan sayuran, biasanya cap cay. Pertama kali yang memperkenalkan menu ini adalah umi. Waktu itu kami jalan bareng ke mall, dan singgah ke solaria. Pas menu ifumie ini datang sempat kaget banged. Porsinya itu kelihatan jumbo. Ternyata karena bentuk mienya. Unik. Mienya gurih kres tapi disiram kuah dengan sayur seperti capcay sehingga mienya jadi lembut dan kenyal tapi tidak meninggalkan kesan gurihnya. 

http://www.opensnap.com/id/indonesia-other/p-p200360971
Ifumie di solaria

Menapak tilas kesan indah makan di solaria, saya mencoba membuat ifumie ala-ala restoran favorit saya ini. Apalagi di Madinah ini nggak ada solaria, kangen dong ya dengan masakan disana. Kebetulan juga Indonesian Food Blogger mengadakan Challenge tentang remake makanan ala resto. Cocok ni. Rasanya tidak sabar untuk segera mencoba. Karena udang dan cumi sedang tidak musim dan harganya menjulang tinggi, jadi saya ganti dengan sosis ayam dan ebi sebagai pengganti udang. Rasanya jadi mirip, beneran lho. Sayurannya saya usahakan lengkap sehingga tidak mengubah keotentikan ifumie ala solaria.

Untuk membuat mie supaya berbentuk seperti mangkuk adalah dengan merebus mie terlebih dahulu kemudian menggorengnya diatas "penyaring" sehingga bentuknya jadi cantik. Kemudian memasak sayurnya jangan terlalu lama sehingga sayur tetap segar dan kres. Amboi nikmat nian ifumie ini. Wanginya pun menggugah selera. Tak sabar cepat memotretnya dan menikmati mie ini bersama zauji. 


Resep Ifumie ala Solaria - Challenge Remake IDFB
Modifikasi: Dapur Comel Selma
Porsi: 2 orang

Bahan:

1. 2 bungkus mie telor
2. 100 gram daging ayam
3. 100 gram udang (saya ganti ebi 1sdm direndam air panas)
4. 50 gram sosis ayam
5. 1 lembar sawi putih / sawi hijau
6. 1 lembar kol (lembaran luar)
7. 10 buah kapri
8. ½ buah wortel
9. ½ buah kembang kol
10. ½ buah bawang bombay
11. 3 siung bawang putih
12. 2 cm jahe
13. 2 sdm tepung sagu / maizena
14. ¼ sdt lada bubuk
15. ½ sdm kecap asin
16. ½ sdt garam
17. ½ sendok makan kecap ikan
18. 1 sdt minyak wijen
19. 200 ml air
20. Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:

1. Rebus mie telur, dan goreng diatas penyaring hingga membentuk seperti sarang.
2. Bersihkan, iris tipis daging ayam. Sisihkan. Potong sosis.
3. Potong 2 cm sawi putih / hijau, kol atau sesuai selera anda. 
4. Iris wortel menyerong atau sesuai selera anda.
5. Potong kembang kol menurut kuntumnya. 
6. Iris memanjang bawang bombay. Kemudian cincang bawang putih. Memarkan jahe. 
7. Taruh tepung sagu / maizena kedalam sebuah gelas, beri 2 sdm air. Aduk rata. Sisihkan.
8. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum.
9. Masukkan daging ayam, ebi dan sosis. Aduk sampai berubah warna.
10. Masukkan wortel, sawi putih, kol dan kembang kol. Tumis sampai agak layu.
11. Masukkan air, lada bubuk, kecap asin, kecap ikan dan garam. Setelah sayuran matang beri larutan tepung sagu, masukkan sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Campur rata dengan minyak wijen. Angkat.
12. Hidangkan i fu mie di mangkuk, siram dengan tumisan daging dan sayuran. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

Semoga cocok ya teman-teman. Kalau saya sih doyan banged. Hihihi. 







With Love





post signature

5 comments:

Citra Kale said...

Hihihi..jadi kangen Solaria ya. Keingetan jaman bebujangan dulu paling sering jajan di Solaria Atrium Senen :)

selma alan said...

Sama mba...sy jg waktu zaman kuliah dlu langganannya ya solaria..hihi...enak soalnya

Freeyanti Inev said...

kalau bikin ini suka ga tahan cemilin mie gorengnya. kriuk2 enaak..

selma alan said...

Iya mba..kadang mie nya aja udah suka..kres2...

selma alan said...
This comment has been removed by the author.