Basbousa بسبوسة dan perkenalanku dengan tepung semolina




Bismillah

Oke seperti janji saya, ini dia postingan tentang basbousa. Sama dengan dolma, basbousa juga kuliner khas turki yang sudah populer di negara timur tengah lainnya seperti di saudi ini. Basbousa adalah sejenis cake yang manis (sangat manis menurutku) yang terbuat dari tepung semolina yang direndam dalam sirup gula serta dihias toping pistachio, almond dan kacang-kacangan.
Tepung semolina, apalagi itu ya? Sebelum bikin cake ini, sudah sering lihat tepung ini di video youtube, tapi belum pernah tahu. Saya fikir tepung ini pastilah ada di baqolah (warung) karena sudah umum dipakai untuk membuat cake khas sini. Tapi saya nggak tahu nama arabnya. Tanya ke zauji, beliau juga kurang faham. Coba cari di google translate ternyata namanya سميد,. Ke baqolah, cari dan alhamdulillah ketemu. Dan saya pastikan juga ke penjualnya, dan memang benar namanya سميد. Oke segera dicoba membuat. Membuat basbousa ini sendiri nggak begitu susah. Saya coba membuat basbousa dengan krim ditengahnya, cuma nggak begitu kelihatan ya, karena krimnya tipis saja. Tepung semolina ini kayaknya wajib ya teman-teman. Kalau nggak, nggak dapat tekstur berbutir dan kenyalnya, mirip sagu rendang menurutku, enak deh. InsyaAllah di indonesia bisa ditemukan di supermarket besar.

sumber: Detik.com :http://food.detik.com/read/2014/09/17/110254/2692549/312/apa-itu-tepung-semolina 

Semolina merupakan tepung yang berbutir agak kasar yang berasal dari durum wheat. Nama semolina ini dipakai untuk membedakan dengan jenis tepung dari beras dan jagung. Butiran tepung yang agak kasar memberi tekstur renyah kenyal. Biasanya semolina dipakai untuk campuran adonan pasta karena memberi tekstur kenyal yang baik dan warna kuning cantik. Durum wheat lebih kaya serat sehingga lebih mengenyangkan. Jenis semolina ada yang kuning dan ada yang agak putih. Kalau di arab sini, pemakaian tepung semolina lebih sering digunakan. Ibarat tepung beras di indonesia ya kayaknya. Karena hampir setiap kue khas arab memakai tepung ini. Harganya lebih mahal dari tepung biasa, kalau di baqolah tadi sekitar 6 real sekilo, lumayan mihil ya, padahl tepung terigu biasa cuma 2 real sekilo. Dengan mencoba membuat basbousa ini, saya bisa kenalan juga dengan tepung jenis baru. Masih sisa banyak, semoga bisa lanjut membuat kue khas arab lagi. 

Resep basbousa ini saya peroleh dari youtube. Ada banyak resep basbousa. Saya suka melihat resep di youtube karena lengkap dengan stepnya. Sayang basbousa saya tanpa toping kacang. Mau beli tadi uangnya nggak cukup, hihi, #tutupmukapakaipiring. Karena resepnya berbahasa inggris, saya bantu tuliskan ya. InsyaAllah mudah. Untuk ukuran menggunakan cup, gunakan cangkir yang sama agar pas ukurannya.




Resep Basbousa (with cream)
Sumber: Mariam Cooks

Bahan Basbousa:

1. 2 cup tepung semolina -- 2 كوب سميد 
2. 1 1/2 cup susu bubuk -- 1 1/2 حليب بودرة
3. 1 cup gula halus -- 1 كوب سكر بودرة 
4. 1 cup mentega -- 1 كوب زبدة
5. 1 cup yoghurt -- 1 كوب زبادي 
6. 1 sdm baking powder --  م ك بكنج بودرة

Bahan Krim:

1. 2 cup susu cair -- 2 كوب حليب
2.1/4 cup gula -- 1/4 كوب سكر
3. 6 sdm tepung maizena -- 6 م ك نشاء
4. 1 cup krim kental -- 1 كوب قشطة
5. 6 potong keju -- 6 حبات جبن كيري

Bahan Sirup Gula

1. 4 cup gula
2. 3 cup air
3. 3 irisan lemon
4. 1 sdt vanili

Cara Membuat:

1. Masak susu cair dan gula. Masukkan tepung maizena, aduk cepat.
2. Masukkan krim dan keju. Aduk dan matikan api. Dinginkan.
3. Campur semua bahan basbousa ke dalam wadah mangkuk. Uleni hingga rata.
4. Tata setengah adonan basbousa kedalam pinggan yang dioles minyak, tuang krim. Tata lagi sisa adonan. Potong-potong dengan pisau dan tabur kacang pistachio atau kacang lain.
5. Panggang dengan suhu 180-200 C selama 45 menit. Angkat.
6. Masak air dan gula selama 15 menit hingga kental. Masukkan irisan lemon dan vanili. Masak lagi selama 15 menit.
7. Siram basbousa dengan sirup gula. Tunggu hinga meresap. Potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love






post signature

5 comments:

Inas Basymeleh said...

MasyaAllah mantaaap mba Selma 👍👍👍👍 ana juga suka basbusa.. Sempet nyari juga di internet ternyata pakai tepung khusus. Ternyata ada di baqolah ya 😍 Semoga bisa buat juga.. Jazakillahu khairan infonya mba Selma.. Mahal nggak mba harga tepungnya? 😁

selma alan said...

Iya ada inas..smid namanya...harganya 6 real sekilo...wa jazakillahu khairan inas

Inas Basymeleh said...

Ooh masyaAllah 6 real ya.. Jazakillahu khairan infonya mb Selma 😊👍

Song Hyo Ae said...

Idzin share ukty, mau praktek sekalian 😂. Jazzakhillah khairan

selma alan said...

Silahkan ukhti