Sanggar Banyu



Bismillah

Ada lagi ini kue khas kalimantan. Kalau dijawa namanya mata roda. Dulu pernah bikin, sekarang bikin lagi deh karena kangen. Mudah insyaAllah. Singkong yang bagus kita parut dan beri gula serta vanili, lalu tata di daun pisang. Letakkan pisang di tengahnya, bungkus. Kukus deh. Lalu potong-potong. Sajikan dengan baluran kelapa parut kukus. Yummy kenyal khas kue singkong. Enak ni buat cemilan anak-anak. Anak-anak diajarin makan kue khas indonesia, supaya makin cinta dengan budaya indo, hehe. 



Resep Sanggar Banyu:
Sumber: Hany

Bahan:

1. 500 gr singkong yang bagus
2. Pisang matang Secukupnya
3. 100 gr gula pasir (manis sesuai selera)
4. Sejumput garam
5. 1/2 sdt vanilli bubuk
6. Pewarna Sesuai Selera (kalau disamarinda mayoritas berwarna merah )
7. Daun Pisang Secukupnya

Baluran :

Secukupnya kelapa parut yg tidak terlalu tua, sedikit garam dan selembar daun pandan, kemudian kukus sebntar.

Cara Membuat:

1. Parut Singkong kemudian peras sedikit untuk mengurangi kadar airnya.
2. Campurkan gula pasir, garam, vanilli,dan pewarna merah aduk rata.


3. Kupas pisang
4. Alasi tangan dengan plastik,ambil adonan singkong secukupnya isi dengan pisang, bentuk seukuran pisang dengan ketebalan yang sedang, taruh diatas daun lakukan hingga selesai.


5. Pindahkan dan masukan kedalam dandang yang juga dialasi daun pisang, kukus hingga matang kurang lebih selama 25 menit.


6. Setelah matang,langsung baluri dengan parutan kelapa, sanggar banyu siap disantap ๐Ÿ‘Œ

Selamat Mencoba ^_^


2 comments:

Oci YM said...

Udah lama nggak makan kue ini, daaaan mau bebikinan di dapur lagi maleees banget. Seandainya kita tetanggaan yah Selma hahaha... :D

selma alan said...

Ehehee iya kak.. Selma juga bikin ini jarang2..kalau lagi mood aja... Iya kak.. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ˜
Makasii udah mampir yaa