Donat Kentang Tangzhong




Bismillah

Flu berat tiba-tiba menimpa saya. Mungkin karena musim yang nggak stabil. Sebentar panas, eh mendadak dingin. Alhamdulillah 'ala kulli hal mudah-mudahan jadi penebus dosa. Yang kasihannya bayiku juga ikutan pilek, huhuhu, kasihan sekali lihat dia susah bernafas. Syafahallah ruqayyah,,,doakan ya teman-teman.

Bicara soal mendadak, membuat donat ini juga mendadak. Nggak ada angin, hujan apalagi badai, tiba-tiba pengen mam donat yang bertoping coklat dan keju. Wih, gagal total ni program diet. Angka timbangan nggak bergerak ke kiri, betah amat di angka yang sama. Padahal masih 10 kg lagi baru bisa dibilang kurus. Idealnya sih 6 kg lagi, tapi target harus melebihi yang ideal kan? Memang tiap mau diet selalu ada godaannya. Salah satunya ya mendadak pengen makan donat ini, Biarlah capek mengulen, biarlah sambil momong anak, yang penting bisa makan donat, hihihi. 



Donat ini memakai metode tangzhong. Metode yang udah lama beredar ni, tapi saya aja yang telat nyoba, maklum kurang suka buat roti ;p. Metode ini saya pilih karena hasilnya cepet tapi mengulennya nggak perlu sampai lama. Kalau pakai metode sangjin sih harus nunggu semalaman dulu, wong saya udah kepengen banged mam donat, nggak bisa ditawar lagi, mana bisa nunggu semalaman. Teman-teman mungkin sudah pada tahu metode ini ya, mungkin juga sudah pernah nyoba buat bahkan bisa jadi udah sering ya?

Tangzhong atau sering juga disebut metode water roux adalah metode yang digunakan dalam membuat roti untuk membuat roti lebih lembut dan halus. Selain itu roti bisa tetap segar lebih lama tanpa pengawet buatan. Metode ini berasal dari jepang namun dipopulerkan oleh seorang wanita Cina, Yvonne Chen. Untuk memuat adonan tanghong, kita harus mencampur satu bagian tepung dengan lima bagian cair untuk membuat pasta halus. Cairannya biasanya air namun bisa juga susu atau campuran keduanya. Adonan ini lalu dipanaskan pada suhu 65 C lalu didinginkan di suhu kamar dan siap dicampurkan dengan adonan roti. (sumber wikipedia)

Resep donat ini saya dapatkan dari resep mbak aulia haque, donat kentangnya katanya lembut banged dengan metode ini, Alhamdulillah akhirnya donat saya pun jadi, pas seperti khayalan saya, dengan toping coklat dan keju, enaaaak. Donatnya menul-menul gendut, comel deh khas dapur comel selma, hehe. Yang mau mencoba buat juga, dibawah ini ya resepnya.



Resep Donat Kentang Tangzhong
Sumber: Juni Puspita-Aulia Haque

Bahan:

1. 175 gram tepung terigu
2.1 buah kentang (kukus lalu haluskan)
3. 1 kuning telur
4. 1 sdm ragi instan
5. 2 sdm gula pasir
6. 1 sdt garam
7. 1 sdm susu bubuk
8. 1 sdt vanili bubuk
9. 12 gram mentega cair
10. 20 ml air

Bahan Tangzhong:

1. 13 gram tepung terigu
2. 65 ml air
----campur dan masak diatas api kecil hingga kental menyerupai bubur




Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kering menjadi satu, aduk rata.
2. Masukkan kuning telur, aduk rata.
3. Masukkan adonan tangzhong yang sudah hangat, aduk rata, masukkan mentega cair dan kentang, aduk rata.
4. Setelah semya tercampur rata, bila dirasa kurang air, silahkan tambah airnya. Banting-banting sebentar.
5. Diamkan adonan selama 30 menit, tutup dengan kain yang lembab.
6. Setelah 30 menit dan mengembang, kempiskan adonan, lalu bentuk bulat kurang lebih 15 gram. Biarkan mengembang lagi, kemudian adonan siap digoreng dalam minyak banyak cukup panas tapi api kecil.
7. Setelah matang dan donat dingin berikan toping coklat dan keju. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love


post signature

2 comments:

Sophie said...

kalo susunya saya ganti pake susu cair aja jd berapa ml ya? lebih suka pake susu cair soalnya

Dapur Comel Selma said...

bisa mbak, jadi 20 ml. Tuangnya sedikit-sedikit sampai adonan kalis.