Patbingsoo





Assalamualaikum
Ceritanya di mall, ada es patbingsoo baru.. Kesana deh sma keluarga.. Hmm masyaAllah enak banged.  Sy kan suka banged es kacang merahnya....akhirnya coba bikin sendiri aja, biar puas makan es kacang merahnya. Kalau bingsoo itu kan es serut. Kalau patbingsoo itu es serut kacang merah. Semuanya khas korea. Ini pas difoto lagi panas, jadi es serutnya meleleh.. Huhu.. Lain kali kayaknya mesti bikin es serut banyak2. Resepnya dari mba ricke. MasyaAllah enak.. Sukaaa banged. Kue berasnya juga enak. Kalau es kacang merah korea ini pakai kacang merah khusus yg kecil2...azuki bean namanya.. Alhamdulillah nemu pas belanja di jumbo mart.


Patbingsu (Es Serut Kacang Merah khas Korea)
Oleh: Ricke Indriani

Bahan isi kacang merah:
200 gram red bean jenis azuki bean
1000 ml air
150 gram gula pasir
½ sdt garam
1 sdt vanilla

Bahan bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
100 gram tepung ketan
80 ml air panas/mendidih (sesuaikan dengan kondisi adonan)
¼ sdt garam
1 sdm gula halus
Air untuk merebus
Ekstra tepung ketan untuk taburan
Gula halus untuk taburan

Es serut
Aneka buah segar potong/buah kalengan (saya membuatnya dengan buah kalengan karena sedang tidak ada stok buah segar di rumah)
Susu kental manis
Almond slice sangrai/corn flakes, dll sesuai selera (Isi kacang merah yang sudah matang, lembut dan empuk tetapi masih ada sebagian butiran kacangnya)

Cara membuat:
Isi kacang merah:
Cuci bersih kacang merah (azuki bean), masukkan ke panci dan rebus dengan 1 liter air dengan api sedang sampai mendidih. Tutup panci dan kecilkan api, rebus hingga kacang empuk dan mudah hancur bila ditekan. Masak sampai airnya berkurang tetapi jangan sampai air habis meresap semua (seperti bubur kacang dengan kuah sedikit). Masukkan gula pasir dan garam. Masak kembali sambil diaduk-aduk hingga mengental. Tambahkan vanilla. Dinginkan dan simpan dalam lemari es.


Bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
Campur tepung ketan, garam dan gula halus dalam wadah. Tuangi air panas/mendidih sedikir demi sedikit sambil diaduk dengan sendok jika sudah agak hangat. Aduk dengan tangan sampai kalis/tidak lengket. Bila adonan masih kering tambahkan air sedikit, jika terlalu lembek tambahkan tepung ketan sedikit.
Gilas adonan dengan rolling pin di atas permukaan yang ditaburi tepung ketan, potong-potong seukuran kira-kira 1x1 cm. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan rendam dalam air biasa sampai dingin. Tiriskan dan gulingkan di tepung ketan yang dicampur sedikit gula halus agar tidak lengket. Sisihkan.

Cara penyajian:
Siapkan mangkuk, beri es serut dan susu kental manis sesuai selera manisnya. Tambahkan potongan buah. Beri isi kacang merah di atasnya. Beri tambahan tteok, almond slice sangrai, corn flakes, dll sesuai selera. Patbingsu siap dinikmati.

No comments: