Bakpao Karakter isi Kacang Merah





Assalamualaikum

Buat charpao atau pao karakter sesekali. Ceritanya lagi kangen anak gadis. Anak gadisku selalu sm uwonya.. Huhu... Jdi bikinin char pao unyu girly buat oleh2nya. Alhamdulillah dia senang banged.. Sampai minta difotoin megang kuenya. Resep char paonya sama aja dengan resep pao kemarin. Bagian pita,mulut dan matanya saya beri pasta dan charcoal. Bentuknya masih mencla mencle ya... Hihi belum cakep ngebuletinnya.. Perlu banyak belajar lagi deh.



Pao karakter isi kacang merah dan coklat
Source:kueresep.com

Bahan kulit:
225 gram tepung terigu protein rendah
50 gram tepung tangmien
20 gram susu bubuk
35 gram gula pasir halus
6 gram ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
150 ml air es
25 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi:
100 gram kacang merah kering, dipresto
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sendok makan cokelat bubuk
100 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam

Coklat dengan dcc dipotong

Cara membuat :

Isi: blender kacang merah dan santan. Masukkan cokelat bubuk dan gula pasir. Masak sampai kalis dan lembut. Tambahkan garam. Aduk rata.
Kulit: campur tepung terigu, tepung tangmien, susu bubuk, gula pasir halus, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata. Tuang air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing-masing adonan 30 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
Isi pao dengan filling kacang merah. . Bentuk karakter dengan mengambil sedikit adonan pao dan diberikan warna. Kalau ini pita sy beri warna pink. Mata warna hitam dari bubuk charcoal dan mulut dengan wrna kuning. Bentuk sesuai selera. Letakkan di atas kertas roti.
Diamkan 45 menit sampai mengembang.
Kukus 10 menit dengan api sedang sampai matang. (saya 7 menit aja lalu buka kukusan, diamkan dalam kukusan selama dua menit lalu angkat)
Tips: kukusan harus benar2panas dan beruap banyak. Alasi tutup dengan serbet. Jangan terlalu lama mengukus krna menyebabkan keriput.


No comments: