Ayam Goreng Mentega

Bismillah
Ngelunch hari ini dengan ayam goreng mentega. Ayam mentega dengan nasi hangat, enak sekali. Ada kejadian yang tak disangka. Ceritanya saya memasak ayam mentega ini pagi menjelang siang. Ketika hendak disantap setelah shalat zhuhur, kuah menteganya membeku. Subhanallah saya sampai kaget sekali, bener-bener membeku kuahnya. Madinah dingin sekali. Alhamdulillah bukan saya yang beku :p. Ayamnya jadi dingin deh. Terpaksa dihangatin lagi. Memang minyak lebih cepat membeku dibandingkan air ya. Kalau masak ayam berkuah nggak sampai jadi es kok :D. Resep saya contek dari blog mbak ricke dengan beberapa perubahan, seperti pengurangan kecapnya, ntar kalau banyak-banyak jadi ayam kecap…:D  

Resep Ayam Goreng Mentega
Sumber: Ricke Indriani  
Bahan:  
1. 500 gram ayam, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera (ukurannya jangan terlalu besar)
2. 2 siung bawang putih, haluskan
3. Merica bubuk secukupnya
4. Air 1 gelas
5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
6. Sejumput garam  
Bahan saus mentega:  
1. 2 siung bawang putih, cincang halus
2. 1 buah bawang bombay, iris memanjang
3. 1 sdm kecap manis
4. 4 sdm munjung margarin/salted butter
5. 2 sdm minyak goreng
6. Merica bubuk secukupnya  
Cara membuat:  
1. Taruh ayam dalam panci, beri 1 gelas air, bawang putih halus, garam dan merica. Masak dengan api sedang hingga airnya berkurang dan ayam matang. Angkat dan tiriskan.
2. Goreng ayam sebentar saja hingga berkulit agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
3. Panaskan margarin/salted butter dan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan agak layu.  Masukkan ayam. Beri kecap manis dan merica bubuk. Aduk rata hingga ayam terbalut rata oleh bumbu saus. Angkat. Sajikan.  
Note: Saya sengaja merebus ayam terlebih dahulu agar ayam matang sempurna dan bumbu meresap. Tetapi jika potongan ayam dibuat kecil-kecil ayam bisa langsung digoreng dengan minyak banyak hingga matang. Sebelumnya ayam dimarinade dulu dengan bumbu sekitar 15 menit. Bila suka dengan aroma kecap ingris yang lebih kuat, bisa memakai 2 sdm kecap inggris.  
Selamat mencoba ^_^  
12 Des 2013

No comments: