Ayam Sambal


Bismillah
Ayam sambal, begitulah kami sekeluarga menyebutnya. Sebenarnya ayam dibalur cabe, ayam cabe merah atau sambal lado ayam. Hari ini insyaAlloh mau ke istirohah, sebuah tempat peristirahatan di madinah. Seperti villa kalau di indonesia. Biasanya istirohah memiliki kolam renang di dalamnya. Bagian laki-laki dan perempuan tentu saja dibedakan.
Para ummahat mengadakan pengajian sekaligus perpisahan seorang ummahat yang akan pulang ke indonesia. Terasa sedih karena ummahat ini adalah salah seorang ummahat yang rajin, lincah dan baik hati. Teringat awal mula saya membuat cake, saya meminjam mixer dan loyang ummahat ini. Jadi mixer beliaulah, mixer pertama yang saya pakai. Mungkin beliau sendiri sudah lupa. ‘Ala kulli hal, jasa beliau tidak akan pernah kulupakan.
Setiap ummahat yang menghadiri perpisahan diwajibkan membawa lauk yang kira-kira untuk sepuluh orang. Saya memutuskan membuat ayam sambal, sajian yang sering saya masak untuk keluarga dan termasuk favoritnya zauji.

Resep Ayam Sambal
Sumber: Kreasi Sendiri
1. 1 ekor ayam
2. 2 butir kentang
3. 3 siung bawang merah
4. 3 siung bawang putih
5. 15 buah cabe merah
6. 1 buah tomat
7. 1 sdm ketumbar bubuk
8. 1 sdm minyak goreng
9. 1 sdt garam
10. 1/4 tangkai seledri
Cara Membuat:
1. Potong ayam menjadi sepuluh bagian, cuci lalu lumuri dengan ketumbar dan 2 siung bawang putih yang dimemarkan. Diamkan 5 menit.
2. Rebus ayam hingga matang, sisihkan.
3. Haluskan bawang, cabe dan tomat.
4. Goreng ayam dan kentang.
5. Tumis bumbu halus hingga mendidih kemudian masukkan ayam dan kentang goreng, aduk rata.
6. Bubuhkan garam dan taburi seledri. Masak sebentar. Angkat dan sajikan.
Selamat Mencoba ^_^

7 Nov 2013

No comments: