Bistik Tempe

Bismillah
Udara semakin mendingin. Hari-hari memakai sweater dan kaos kaki. Rasanya malas aja mau beraktifitas. Kebayang dinginnya di eropa sana, di saudi aja udah sedingin ini. Telinga dan hidung rasanya membeku. Pemanas hanya dinyalakan di malam hari. Padahal sekarang, siangnya udah dingin banged.
Di kulkas ada setengah potong tempe, mau dibuat masakan tapi yang banyak kuantitasnya. Supaya bisa sekalian buat malam hari. Edisi males masak karena dingin. Bistik tempe yang menjadi pilihanku. Dari setengah potong tempe menghasilkan enam bistik tempe. Hemat ya? Dimakan dengan nasi hangat, hmm nikmatnya.  
Resep ini juga menyiasati supaya saya hanya perlu membeli sepotong tempe tapi bisa awet untuk dimakan beberapa hari. Maklum, di madinah harga tempe, satu potongnya seharga 5 real. Kalau dirupiahkan sekitar Rp. 12.500-15.000 tergantung kurs, mahal sekali ya??? Mau bagaimana lagi, keseringan makan ayam dan telur bisa eneg juga, pengen makan tempe dan tahu. Jadi kudu hemat, betul kan?? Resep yang saya share untuk satu potong tempe.  

Resep Bistik Tempe
Sumber: Rahmi Septiyani (modified)  
Bahan:  
1. 1 potong tempe, kukus dan haluskan
2. 200 gram tepung terigu (optional tergantung banyak dan besarnya tempe)
3. 1 butir telur
4. 3 siung bawang putih
5. 10 butir merica
6. 1 sdt garam  
Bahan Kuah Siram:  
1. 1 buah bawang bombay
2. 3 siung bawanhg putih
3. 2 sdm kecap manis
4. 1 sdm saos sambal
5. 100 ml larutan maizena  

Cara Membuat:  
1. Campur tempe yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, bumbu halus(bawang putih, merica dan garam) dan telur yang sudah dikocok lepas. Bentuk kotak atau oval.
2. Goreng dengan sedikit minyak menggunakan teflon. Angkat setelah kecoklatan.
3. Tumis irisan bawang bombay dan bawang putih, tambahkan kecap dan saos sambal. Tuang larutan maizena. Masak hingga kuah mengental. Siram diatas bistik kemudian sajikan.  
Selamat Mencoba ^_^  
14 Des 2013

No comments: