Brownies Labu Kuning

Bismillah
Kita beralih ke makanan modern dari olahan labu kuning yaitu brownies labu kuning. Brownies labu kuning ini akan berwarna kekuningan khas penganan yang berbahankan labu kuning. Tentu saja rasanya juga berbeda dari brownies yang plain. Sama seperti brownies yang berbahankan singkong dan kentang maka brownies itu akan menampilkan cita rasa bahan yang ditambahkan tersebut.
Untuk tekstur seperti halnya brownies panggang, gurih dan crust diluar, serta moist didalam. Sedikit perbedaan pada tekstur dalam browniesnya yang lebih lembut melayang. Daripada penasaran, yuk coba membuatnya di rumah.

Resep Brownies Labu Kuning
Sumber: Ita-DapurGriyaKhayangan
Bahan:
1. 100 gram butter/mentega tawar
2. 150 gram Dark Cooking Chocolate di potong-potong. Pakai yang Milk Chooking Chocolate juga boleh, warna jadi tidak terlalu coklat gelap
3. 3 butir telur
4. 150 gram gula pasir
5. 100 gram tepung terigu
6. 20 gram coklat bubuk
7. 1/2 sdt baking powder
8. 1/2 sdt garam halus
9. 200 gram labu kuning kukus dan dihaluskan
Cara Membuat:
1. Panaskan butter dengan api kecil, masukkan potongan coklat masak pekat, aduk aduk sampai coklat leleh dan larut didalam butter. Sisihkan
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk dan garam halus yang sebelumnya sudah diayak atau disaring, aduk aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran margarin sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk perlahan. Tambahkan labu kuning lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam loyang ukuran 22x22x4 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.
5. Oven dengan suhu 180’C kurang lebih 40 menit, atau sampai matang tergantung kemampuan panas oven masing-masing.
Catatan: Bila ingin brownies labu kuning kukus, bisa dicetak dalam bentuk cup cake atau dikukus langsung di loyang kotak seperti biasanya, tinggal mempersiapkan loyang ukuran 20x20x7cm yang diolesi minyak dan dialasi plastik yang dioles minyak pula. Kukus setengah bagian selama 10 menit, dan jangan lupa tutup panci dilapisi dengan serbet bersih agar uap air tidak menetes di kue yang sedang dikukus. Boleh ditaburi coklat messes diatas lapisan kukusan pertama, lalu tuangkan sisa setengah adonan lagi dan kukus selama 20 menit hingga matang. Jika sudah matang, angkat, biarkan brownies kukus dingin dulu, baru dipotong potong dan dihidangkan.
Selamat Mencoba ^_^
4 Feb 2014

No comments: