Bubur Tempe

Bismillah
Sajian yang kali ini saya perkenalkan adalah bubur tempe. Bubur tempe sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) selain solusi bagi kebutuhan nutrisi balita juga dapat berfungsi untuk penanggulangan diare pada balita.
Hal tersebut diutarakan oleh Staf Ahli Gizi LKC Dompet Dhuafa, Meita Winduka di sela istirahatnya usai praktik melayani pasien di LKC Dompet Dhuafa Jl.Ir.H Juanda Ciputat,Tangerang,Senin,(07/05/2012).
Lebih jauh ia mengungkapkan, hasil studi uji klinis randomized controlled double-blind yang dilakukan oleh Soenarto tahun 1997 menunjukkan bahwa formula yang berbahan dasar tempe dapat mempersingkat durasi diare akut serta mempercepat pertambahan berat badan setelah menderita satu episode diare akut tersebut.
“Karena di dalam tempe terdapat pula Jamur Rhizopus yang memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan. Zat antibiotika alami dalam tempe dapat menjadi obat untuk disentri bila dikonsumsi setiap hari,” tuturnya.
Untuk menambah pengetahuan olahan makanan ini, kata Meita melanjutkan, LKC Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan demo masak makanan murah dan sehat bagi member LKC Dompet Dhuafa pada Jum’at,(27/04/2012) yang lalu.
Kegiatan ini diikuti para ibu menyusui member LKC Dompet Dhuafa, dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang ragam makanan pendamping ASI bermanfaat.
“Demo ini, selain salahsatu upaya meningkatkan gizi balita, juga upaya meningkatkan kreatifitas para ibu dalam mengolah makanan bagi anaknya,” katanya.
Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan program kedua kalinya yang diselenggarakan oleh LKC Dompet Dhuafa. Demo kali ini mempraktekkan membuat resep makanan berbahan tempe yang dibuat menjadi bubur.
Resep Bubur Tempe
Sumber: Google
1. 200 gr Tempe ( kukus lalu haluskan)
2. 200gr beras ( bersihkan dari kotoran kemudian cuci 2x pembilasan saja)
3. 100gr wortel (cuci , kupas , lalu iris halus bentuk kotak-kotak)
4. 2 helai daun salam (cuci)
Cara membuat:
1. Masak beras dengan air 2 liter , tambahkan salam , masak hingga butir beras pecah, kemudian masukan tempe yang sudah dihaluskan, masak kembali hingga menjadi bubur .
2. Tambahkan wortel, aduk rata,masak kembali hingga matang dan meletup-letup. Matikan api.
3. Sajikan selagi hangat
Selamat Mencoba ^_^

No comments: