Carabikang

Bismillah
Penampakan kue carabikang ini manis sekali ya. Seperti bunga mekar. Tapi membuatnya susah loh. Sering gagal dan termasuk yang rumit untuk pemula seperti saya. Prinsip yang paling penting dari membuat kue carabikang ini adalah patuh dengan resep.
Cetakannya juga harus khusus, nggak boleh dicampur dengan kue lumpur dkk, dan membersihkannya hanya boleh dengan ampas kelapa. Santan yang diperlukan supaya carabikangnya cantik menggoda haruslah santan kanil. Ribet iya, tapi penasaran mengalahkan segalanya. Alhasil saya pun mencoba membuat carabikang ini. Walaupun hasilnya seadanya tapi cukup membuat puas hati.

Resep Carabikang
Sumber: Mbak Indah (dari blog mbak hesty)
Bahan :
1. 500 gram tepung beras
2. 100 gram tepung kanji
3. 400 gram gula pasir
4. 1/2 sdt garam
6. 1 butir telur, kocok lepas
7. Santan kanil dari 1 1/2 butir kelapa (didihkan, ambil bagian atasnya 700 ml)
8. Daun pandan
9. Pewarna makanan
Cara Membuat :
1. Masak santan kanil dengan daun pandan sampai mendidih sambil sesekali diaduk. Biarkan hangat. Sisihkan sedikit untuk mengoles carabikang.
2. Campur tepung beras, tepung kanji, gula dan garam. Aduk rata. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil dikeplok-keplok sampai gula larut saja.
3. Tambahkan telur, keplok-keplok lagi sampai adonan licin dan rata. Ambil sedikit adonan. Beri pewarna hijau dan merah.
4. Panaskan cetakan carabikang. Tuang adonan putih. Disusul adonan warna sedikit saja. Kalau panas apinya bagus akan terdengar suara mendesis. Setelah mulai muncul gelembung-gelembungnya turunkan panas api. Biarkan sampai matang. Olesi atasnya dengan sisa santan.
5. Angkat dengan cara dicungkil sedikit-sedikit mulai dari pinggir lalu di tengahnya sambil ditarik supaya merekah. Oles bawahnya dengan santan.
Selesaikan semua adonan dan letakkan di piring saji.
Selamat Mencoba ^_^
17 Mar 2014

No comments: