Cheese Ball

Bismillah
Sisa cream cheese yang tinggal sedikit ingin dijadikan dua resep(hemat banged ya :p), salah satunya cheese ball ini.  
Bola-bola keju yang super ngeju ini saya adaptasi resepnya dari blog mbak ita. Anak-anak suka karena ada rasa kejunya. Coba deh lihat bagian dalamnya, putih kejunya yummy deh, apalagi dimakan bersama saus sambal, nikmatnyee.  
Resep Cheese Ball
Sumber: Rachmah Setyawati(modified)  
Bahan:  
1. 250 gram Kentang kukus, haluskan
2. 2 sdm susu bubuk
3. 2 sdm cream cheese
4. Tepung panko/tepung panir/roti yang dihaluskan
5. 1 butir putih Telur
6. 1 sdm air
7. 2 sdm tepung terigu  
Cara Membuat:  
1. Kukus kentang hingga empuk, setelah uapnya hilang, tak terlalu panas, segera kupas dan haluskan , disela2nya waktu menghaluskan masukkan susu bubuk dan cream cheese haluskan lagi hingga tercampur merata.
2. Diamkan adonan selama 15 menit dalam kulkas (chiller), hingga adonan mudah untuk dipulung/dibentuk menjadi bulatan bola-bola.
3. Keluarkan adonan dari kulkas, bentuk bulatan-bulatan bola kecil.
4. Gulirkan adonan bola-bola cheese tadi ke dalam tepung terigu, lalu celupkan dalam kocokan putih telur, lalu masukkan dlm tepung panir, balut bola-bola dengan tepung panko/panir, tekan pelan-pelan hingga menempel rata.
5. Setelah semua adonan selesai dipanir, simpan kembali kedalam kulkas sekitar 15 menit, lalu goreng dengan api panas sedang, hingga kuning keemasan saja, “JANGAN TERLALU LAMA” menggoreng,  karena hanya ingin mendapatkan permukaan yang kuning kecoklatan dan kering saja (karena dalamnya sdh matang semua), kalau terlalu lama bisa “pecah adonan”.  
Selamat Mencoba ^_^  
12 Des 2013

No comments: