Chicken Chilli

Bismillah
Ini dia menu yang sudah sering kita nikmati di restoran china yang bertebaran di seantero madinah. Terkadang menu ini juga terdapat di restoran indonesia, asia dan india. Menu nikmat yang satu ini merupakan perpaduan aneka saos yang membuatnya pedas nan menggugah selera. Konon katanya sih, menu ini datangnya memang dari china. Mirip-mirip capcay ayam sih menurutku hanya berbeda di penyajian ayam dan penambahan aneka saosnya.

Resep “Chicken Chilli” ini saya sadur dari resep di blog mbak ita, ariesta mikdar dengan sedikit perubahan menyesuaikan stok bahan yang ada dirumah. Namun tetap saja saya akan menshare resep aslinya. Jazakillahu khairan mbak ariesta, resepnya enak pake banged deh. Sayang cuma sedikit. Ketika saya masak, zauji udah bisa nebak kalau saya membuat ayam ala china ini. Padahal perdana membuatnya. Ayamnya lembut, gurih tepungnya mirip banged dengan di resto china. Sekali lagi, sayang cuma sedikit.

Resep Chicken Chilli
Sumber: Ariesta Mikdar
Bahan Utama:
1. 500 gr dada ayam potong tipis2 4×2 cm
2. 1 sdt garam
3. 1 sdm air jeruk lemon
4. 1/2 sdt lada bubuk
5. 1 sdt bawang putih yg dihaluskan
6. 1 sdm tepung maizena
7. 2 sdm tepung terigu
8. 1 butir telur
9. 1/2 sdt baking powder
Bahan Lain:
1. 3 siung bawang putih cincang halus
2. 1 buah bawang bombay potong panjang
3. 50 gram paprika hijau iris panjang
4. 50 gr paprika merah iris panjang
5. 1 buah wortel iris panjang
6. 50 gr brokoli potong kuntum
7. 1 buah cabe hijau besar iris serong
8. 1 sdm saus tiram
9. 1 sdm minyak wijen
10. 1 sdm kecap asin
11. 1 sdm kecap manis
12. 2 sdm saus cabe/sambel botol
13. 1/2 sdt cabe bubuk/paprika bubuk
14. 1/2 sdt lada bubuk
15. 1/2 sdt garam
16. 1 sdt gula pasir
17. larutan maizena ( 1sdm maizena 18. + 5 sdm air putih6
19. 5 sdm minyak zaitun/minyak goreng lain

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam denga air jeruk lemon, campurkan semua bahan utama menjadi satu dengan ayam. Aduk-aduk hingga rata. Diamkan selama setengah jam, lalu goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Sisihkan.
2. Tumis bawang putih cincang, bawang bombay dan cabe hijau sampai berubah warna dan harum. Masukkan wortel, brokoli dan ayam goreng, aduk-aduk.
3. Tuangkan bumbu-bumbu, saus tiram, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, saus cabe, cabe bubuk, lasa bubuk, garam dan gula. Aduk-aduk smpai tercampur rata, dan sayuran empuk. Tuangkan larutan maizena, aduk lagi agar tidak bergumpal. Aduk-aduk semua hingga tercampur rata dan matang serta kuah mengental. Angkat dan sajikan dipiring datar, nikmati selagi hangat.
Selamat Mencoba ^_^

No comments: