Chocolate Crinkles Cookies

Bismillah
Cookies time, waktunya membaking cookies kesukaan. Sekitar delapan belas tahun yang lalu, zaman saya sd dulu, saya suka sekali membeli cookies ini di warung dekat rumah. Uang sisa belanja ummi, saya sisihkan, dan saya belikan cookies coklat ini. Selalu…Masih teringat khasnya cookies ini, garing diluar dan lembut didalam, khas sekali deh pokoknya. Setelah itu, saya tidak pernah menemukan cookies seperti ini lagi.
Ketika saya melihat blog mbak miemie, saya kaget dengan foto cookies yang persis dengan favorit saya zaman sd dulu. Saya telusuri resepnya ternyata mudah dan bahannya pun tersedia di rumah. Bismillah saya mencoba untuk membuatnya, dan alhamdulillah sukses, persis seperti cookies dulu, garing diluar dan lembut didalamnya. Senang sekali. Terasa mengharukan setiap kali menostalgia makanan zaman dulu. Ada rasa kangen menyeruak di dalam dada ini.
Teringat rumah lama, orang tua saya sering berpindah-pindah rumah kontrakan, dan ketika saya lulus smp, orang tua saya membangun rumah. Dan sampai sekarang saya masih ingat rumah mana saja yang pernah saya tempati dahulu. Walaupun tentu saja ingatannya masih samar-samar.
Kalau difikir teman-teman yang mengecap bangku sekolah bersama saya telah melalang buana. Ada yang merantau keluar kota bahkan keluar negeri. Begitupula dengan saya. Siapa pernah menyangka kalau saya dibawa zauji ke Madinah, negeri tempat tinggal Rasulullah. Sungguh tak terbayangkan. Rasanya baru kemarin memeluk umi dan bermain bersama adik-adik, sekarang sudah memelihara anak sendiri. Dua jagoan yang aktif sekali. Merasakan menjadi seorang istri dan ibu yang memiliki tanggung jawab. Tanpa sadar telah banyak waktu berlalu.
Begitulah, segalanya mulai saya jalani dan nikmati. Bagaimana bahagianya mengurus dan membesarkan si buah hati. Membangun keluarga kecil bersama zauji tercinta. Suka dan duka dilalui dengan penuh perjuangan. Mudah-mudahan jalan kedepannya diberikan kemudahan oleh Allah. Menjadi rumah yang dinaungi rahmat dan berselimuti ketakwaan.
Perasaan di hati saya mulai larut kemana-mana ni, sudah out of the topic ya. Bagi yang penasaran dengan resep ini, silahkan dicoba ya. InsyaAllah tidak kecewa karena rasanya lezat. Dan seperti biasa, sebentar saja ludes dimakan anak-anak. Ayuk semangat membaking cookis.

Resep Chocolate Crinkles Cookies
Sumber: Jasmine Kitchen
Bahan:
1. 56 gram unsalted butter
2. 225 gram Milk Chocolate Cooking
3. 100 gram gula pasir
4. 2 butir telur
5. 210 gram tepung terigu
6. 1/4 sdt garam
7. 1/2 sdt soda kue
Topping:
1. 110 gram icing sugar atau gula blender tebal (saya menggunakan gula halus)

Cara Membuat:
1. Lelehkan cokelat dan butter dalam sebuah mangkuk stainless steel yang diletakkan dalam panci berisi air mendidih di atas api kompor. Angkat dan sisihkan.
2. Siapkan mixer, kocok telur dan gula hingga mengembang. bila mixer di angkat ,adonan akan lambat urun dan berbentuk pita.Setelah itu, masukkan adonan cokelat yang telah dilelehkan.
3. Dalam mangkuk terpisah, aduk tepung, garam, dan soda kue. Tambahkan bahan-bahan tersebut ke dalam adonan cokelat, aduk hingga adonan kalis. Tutupi mangkuk dengan plastik dan masukkan ke dalam lemari es selama 3-4 jam atau semalaman, hingga adonan cukup keras dibentuk menjadi bola-bola.
4. Panaskan oven hingga suhu 170 derajat Celcius, alasi loyang dengan kertas roti.
5. Masukkan icing sugar ke dalam mangkuk pipih. Bentuk adonan kue menjadi bola-bola kecil berdiameter sekitar 2,5 cm menggunakan telapak tangan, lalu baluri dengan icing sugar hingga tertutup merata dan warna cokelatnya tidak kelihatan, susun di atas loyang. Beri jarak sekitar 5 cm antar adonan.
6. Panggang kue selama 8-10 menit hingga pinggirannya renyah namun bagian dalamnya tetap lembut. Jangan terlalu lama memanggang karena akan membuat kue terlampau kering dan tidak kenyal.
7. Keluarkan dari oven dan hidangkan.
Selamat Mencoba ^_^
6 Jan 2014

No comments: