Cilok

Bismillah


Sebelumnya saya tidak pernah tahu yang namanya cilok. Maklum, saya bukan orang jawa dan tidak pula tinggal di jawa. Pertama kali mencoba cilok ketika disuguhi oleh seorang ummahat jawa di madinah. Hanya saja saya nggak tahan dengan kuah kacangnya, pedas sekali. Jadi baru makan dua cilok udah kepedasan. Cilok singkatan dari aci dicolok, aci dari tepung kanji.

Cilok ini menurutku mirip bakso tanpa daging, kenyal-kenyal. Saya lebih suka dicocol dengan saus saja, tapi originalnya biasanya dengan sambal kacang. Supaya nggak menyiksa rahang karena susah dikunyah, saya memilih resep yang perbandingan tepung kanji dan tepung terigunya seimbang. Tinggal disesuaikan saja dengan selera teman-teman, kalau mau lebih kenyal lagi, ukuran tepung kanjinya ditambah dan tepung terigunya dikurangi. Sesekali mencoba makanan khas daerah lain nggak ada salahnya kan. Sekalian buat teman mengemil. ^_^



Resep Cilok
Sumber: Ricke Indriani

Bahan:

1. 200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
2. 200 gram tepung terigu (all purpose flour)
3. 2 siung bawang putih (garlic), haluskan
4. 1 sdt garam (peres)
5. 1 sdt kaldu bubuk
6. 1/4 sdt merica bubuk
7. 2 batang daun bawang (pakai bagian daun hijaunya saja), iris halus
8. 400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)
9. Air secukupnya untuk merebus cilok

Pelengkap:

1. Sambal kacang
2. Saus sambal botolan
3. Kecap manis

Cara membuat:

1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan bawang halus,  aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Ambil sedikit adonan, bulatkan sebesar bakso.
5. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama direbus setelah mengambang. Sekitar 15 menit. Angkat, kemudian masukkan ke dalam panci kukusan, kukus cilok sampai benar-benar matang dan empuk. Sajikan panas dengan pelengkap sambal kacang, saus sambal botolan dan kecap manis bila suka.

Selamat Mencoba ^_^

28 Des 2013

No comments: