CupCake Rainbow/Polkadot

Bismillah
Mari bermain warna, bermain bersama buah hati dengan warna-warni ceria. Menghias cup cake ini juga bisa menjadi pengobat jenuh sekaligus pererat kebersamaan bersama si kecil. Tapi jangan sering-sering menggunakan pewarna ya, pewarna alami lebih baik.

Cup cake polkadot ini saya buat bersamaan dengan cup cake pelangi. Sengaja diisi sedikit saja per cupnya karena memang adonannya sedikit sekali, kasihan anak-anak kalau terlampau banyak mengkonsumsi pewarna makanan. Kan nggak sehat. Supaya keliatan banyak ya sudah saya taruh sedikit saja adonan per cupnya. Alhasil kuenya nggak memenuhi cup ya. Resep cup cake polkadotnya sama dengan resep cup cake rainbow, bedanya hanya pada cara menghiasnya saja. Tunggu apa lagi, jika ingin bermain melepas jenuh bersama anak tercinta, coba deh membuat cup cake cantik ini.

Resep CupCake Rainbow/Polkadot
Sumber: Aneka Cup Cake
Bahan:
1. 440 gram tepung terigu
2. 2 sdt baking powder
3. 1/2 sdt baking soda
4. 1/2 sdt garam
5. 70 gram susu bubuk
6. 70 ml minyak sayur
7. 1 sdt vanili
8. 140 gram mentega
9. 140 gram gula pasir
10. 3 butir telur
11. Pewarna makanan, merah, biru, hijau dan kuning

Cara Membuat:
1. Siapkan atau panaskan oven pada suhu 175 derajat. Siapkan 12 baris kertas kue berbentuk cangkir. Aduk bersama tepung, baking powder, baking soda, dan garam dalam mangkuk atau wadah besar untuk membuat adonan. Kemudian kocok susu, minyak sayur, vanili pada wadah lain secara terpisah sampai merata, sisihkan.
2. Siapkan mixer listrik, masukkan mentega dan gula lalu kocok menggunakan mixer dalam sebuah wadah besar sampai halus dan mengembang.Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok agar dapat menyatu dengan mentega sebelum menambahkan telur yang lain. Tuangkan campuran tepung bergantian dengan campuran susu.
3. Bagi adonan kue kedalam empat wadah yang berbeda. Kemudian masukkan beberapa tetes pewarna makanan kedalam mangkok yang berisi adonan tadi lalu aduk sampai rata. Jika perlu tambahkan pewarna agar warnanya lebh menarik hingga sesuai yang di inginkan. Masing – masing wadah tadi memiliki warna yang berbeda yakni merah, hijau, biru, dan kuning.
4. Saat memasukkan adonan kedalam kertas cupcake gunakan sendok yang berbeda agar warnanya tidak rusak. 5. Masukkan adonan secara bergantian pada satu kertas cupcake. Ketebalan adonan masing – masing warna bisa Anda sesuaikan sendiri menurut selera. Panggang dalam oven sampa matang kurang lebih selama 15 – 20 menit sampai empuk dan lembut.
Selamat Mencoba ^_^
15 May 2014

No comments: