Gulai Kepala Ikan

Bismillah



Sebenarnya dari kecil dulu saya paling tidak suka kepala ikan. Setiap makan ikan selalu dagingnya saja. Biasanya ummi dan abi yang selalu menggemari kepala ikan. Kami yang anak-anak favoritnya ya daging ikan. Kalau di bengkalis, kampungnya abi, kepala ikan ni makanan orang-orang tue.

Tapi, entah kenapa ketika melongok ke freezer dan melihat dua kepala ikan gede-gede, jadi kepingin mencoba membuat gulai kepala ikan. Gulai ala-ala rumah makan ocu di Pekanbaru. Eh nggak taunya enak pakai banged. Sengaja buat gulai kuning karena cabenya kurang berwarna, beda kalau pakai cabe kering tentu warnanya yahud. Alhamdulillah pertamanya makan gulai kepala ikan dan lezat masyaAllah. Makan berdua sama zauji, dicoel-coel kepala ikannya nggak kerasa abis. Benar-benar nggak nyangka. Zauji bilang enak kayak di rumah makan. Senang sekali masakan siang ini disukai zauji. 



Bumbunya simpel aja, lebih enak lagi kalau pakai asam keping atau asam belimbing, hmm segerrr. Sayang dirumah cuma ada jeruk nipis. Hehe jeruk nipis jadilah. Yang penting gulainya jadi seger. Sebetulnya ini bisa dibilang gulai asam pedas tapi plus santan. Kalau asam pedas kan hanya menggunakan air atau air kelapa.



Resep Gulai Ikan
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 2 kepala ikan
2. 1 batang sereh, memarkan
3. 2 helai daun salam
4. 1 cm lengkuas, memarkan
5. 1 gelas santan 
6. 2 asam keping atau asam belimbing (saya pakai jeruk nipis)
7. 6 siung bawang merah
8. 4 siung bawang putih
9. 9 buah cabe merah
10. 1/2 cm kunyit
11. 1 cm jahe
12. 3 butir kemiri
13. Garam secukupnya



Cara Membuat:

1. Haluskan bawang, cabe, kunyit, jahe dan kemiri. Tumis bumbu halus hingga wangi.
2. Masukkan sereh, daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk kemudian masukkan kepala ikan. Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap dan ikan matang.
3. Tuang santan masak hingga mendidih. Terakhir masukkan asam dan bubuhkan garam. Aduk dan gulai siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: