Hamburger

Bismillah
Sudah penghujung september, sudah lama sekali sejak terakhir kali saya posting resep ya. Memang demikianlah, sejak hamil inipun masakan dan kue yang dibuat sedikit sekali. Masakan yang sering tersaji pun yang sederhana dan cepat saji.
Lebaran pun telah usai, keluarga kecil kamipun sudah kembali ke kota Nabi, Madinah tercinta. Setelah pindahan dan menempati rumah baru, saya masih penyesuaian dengan dapurnya. Dapurnya tetap comel, dibagi dua dengan tetangga sebelah. Tapi insyaAlloh lumayan cukup untuk membuat aneka masakan untuk keluarga kecilku.
Kehamilanku pun sudah menginjak usia 6 bulan. Alhamdulillah bayinya sehat saja dan di usg perempuan. Bukan main senang hatiku. Mudah-mudahan diagnosanya sesuai dan benar ya. Tidak seperti hamil muda, saya sudah bisa memakan ayam dan tentu saja mengolahnya. Alhamdulillah bini’matihi tatimmusshalihat, akhirnya derita itupun berlalu sudah. Palingan kendala hamil trimester kedua ini hanya saya mudah lelah dan pinggang sering sakit. Mungkin pengaruh bayi yang sudah membesar. Bayinya pun sudah mulai lumayan aktif bergerak. Tiap gerakannya menambah rasa cintaku akan si buah hati. Tak sabar rasanya melihat ia lahir sehat dan selamat.
Hamburger ini saya buat terinspirasi dari sebuah selebaran promosi yang dikirimkan di syuqqohku. Saya dan zauji sempat merasa ngiler melihat promosi burger king yang terkenal nikmat dengan hamburgernya yang gede-gede. Tapi harganya lumayan mahal dan kebetulan kantung keuangan lagi menipis setelah membiayai perjalanan hajiku yang insyaAlloh akan dilaksanakan bulan depan. Nah, ketika kami anak beranak berbelanja di bin dawood, eh kami menemukan daging hamburger, harganya pun masih sesuai kocek. Zauji pun berinisiatif membuat hamburger sendiri. Setelah itu kami langsung membeli sayuran, saos serta mayones.
Dulu sewaktu gadis, saya sering membantu ummi jualan hamburger di kantin kolam dan kami pun pernah usaha franchise burger. Jadi saya masih ada pengalaman mengolah burger. Sebenarnya nggak susah kok. Apalagi rotinya tinggal beli. Lain cerita kalau rotinya mesti buat sendiri, lumayan pegel juga kan mengulennya ;). Saya hanya perlu menggoreng dagingnya dan menyusunnya menjadi burger. Terakhir, saya tinggal memanggang rotinya. Burger sederhana pun jadi. Tak kalah kok dengan burger king. Tetap kenyang dan nikmat. Alhamdulillah.

Resep Hamburger
Sumber: Dapur Comel Selma
Bahan:
1. 6 bun roti burger siap pakai
2. 6 lembar daging burger
3. 6 lembar selada
4. 2 buah timun, iris menjadi 12 potong
5. 2 buah tomat, iris menjadi 6 bagian.
6. Saos secukupnya
7. Mayonaise secukupnya
Cara Membuat:
1. Goreng daging burger diatas teflon dengan minyak sedikit saja hingga masak dan tepiannya garing. Tiriskan.
2. Atur burger, dimulai paling bawah roti kemudian olesi saos, lalu sayuran. Taruh daging burger, olesi mayones, tutup dengan roti. Ingat mayones jangan dioleskan di sayur karena bisa bikin eneg.
3. Panggan roti di atas teflon hingga permukaannya crush. Sajikan hangat.
Selamat Mencoba ^_^
28 Sept 2014

No comments: