Hasidah

Bismillah
Buka-buka beranda ketemu resep baru…buka picturenya, eh kue ni kan sering ada pas acara kawinan di kampung….kue jadul dan rasanya unik. Saya tidak tahu tepatnya kue ini khas mana, saya fikir khas kampung saya, hehe….yang jelas ini jg kue basah tradisional khas indonesia…yuk coba bikin, mudah, yang beratnya pas ngiris bawang…duh pedih :D
Resep Hasidah
Sumber: google
Bahan :
1. 2 mangkuk tepung beras
2. 3 mangkuk air
3. 1 mangkuk gula pasir
4. 1 butir telur
6. 15 butir bawang merah
7. 200 gr mentega
8. 1 sdt garam
9. sedikit kayu manis dan 5 butir bunga cengkeh di giling dan disaring
10. 150 cc minyak sayur
Cara Membuat:
1. Bawang merah diiris, digoreng sampai kuning dan ditiriskan lalu masukkan 100 gr mentega ke dalam minyak bekas goreng bawang yang masih panas sampai mentega mencair dan sisihkan.
2. Masukkan tepung yang telah diayak, gula pasir, garam halus, bubuk cengkeh, kulit kayu manis dan air diaduk rata sampai tepung larut, lalu masukkan telur yang dikocok lepas aduk hingga semua bahan tercampur rata.
3. Masak adonan di atas api sedang sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal lalu tambahkan sisa mentega sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu masukkan sebagian minyak diaduk terus hingga adonan kalis atau tidak lengket ditangan.
4. Setelah matang diangkat lalu letakkan di atas piring dan dibentuk sesuai selera, diolesi dengan sisa campuran minyak dan mentega tadi lalu ditaburi bawang goreng.
5. Kue sudah sudah siap dihidangkan. Bisa dibentuk kecil-kecil atau menggunakan cup plastic. Atau bisa juga dengan cetakan seperti pada gambar. 
Selamat Mencoba ^_^

No comments: