Ikan Pallumara

Bismillah
Menyambut zauji dari safar, kita masak ikan pallumara yuk. Dimasak seperti ini rasanya segar sekali. Aroma serehnya berpadu dengan kuah ikan, rasanya asam-asam manis. Membuatnya juga simpel, nggak perlu menggiling, hanya potong dan cemplung ke kuali. Masakan khas sulawesi ini, penampakannya mirip ikan acar kuning ya(mungkin karena saya tidak pakai gula merah), tapi beda kok rasanya, karena ikan pallumara rasanya pedas dan asam-asam manis. Mudah-mudahan zauji suka. Hehehe.

Resep: Ikan Pallumara
Source: Ibu Rahma Hanafi
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan
Bahan:
1. 1 kg ikan kembung besar bersih potong jadi 2, lumuri dengan air jeruk nipis
2. 100 gram asam jawa larutkan dalam 200 ml air panas
3. 50 gram gula merah, sisir halus (secukupnya)
4. 2 sdt garam (secukupnya)
5. 15 buah cabe rawit merah
6. 1 sdm kunyit bubuk
7. 1 liter air panas untuk kuah ikan
8. 5 buah belimbing sayur potong serong jadi dua
9. segenggam daun kemangi buat taburan
10. 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
Bumbu Iris:
1. 5 siung bawang putih
2. 5 butir bawang merah
3. 2 batang serai iris serong
4. 5 cm kunyit iris2 serong
Cara Memasak:
1. Remas-remas asam jawa yang sudah direndam dalam air panas, tentunya menunggu airnya dingin. Setelah itu saring air asamnya.
2. Tumis bumbu iris dengan sedikit minyak goreng hingga bumbu harum dan layu. Masukkan kunyit bubuk, cabe rawit merah dan air asam.Aduk2 hingga air mendidih.
3. Masukkan ikan dan tambahkan air panas secukupnya (sesuai selera untuk kuahnya, asal tidak berlebihan). Tambahkan  potongan buah belimbing sayur, garam secukupnya dan gula merah secukup rasa (boleh agak banyak jika suka kuah yang manis asam).
4. Masak terus hingga ikan empuk dan matang, sesaat terakhir sebelum diangkat masukkan daun kemangi dan taburan bawang merah goreng. Tutup panci sebentar, lalu matikan api dan angkat panci dari kompor. Sajikan dalam keadaan ikan masih hangat.
Selamat Mencoba ^_^
7 Jan 2014

No comments: