Kentang Goreng Krispi (French Fries)



Bismillah
French fries bahasa keren dari kentang goreng krispi memang tergolong makanan nikmat segala usia. Anak-anak maupun dewasa menyukai sajian ini. Bisa untuk cemilan atau teman lauk. Perlu resep tersendiri untuk mendapatkan kentang goreng yang garing ini.
Resep ini saya adaptasi dari blog mbak ariesta namun saya modifikasi dengan penambahan tepung supaya luarnya ada krenyes tepungnya.

Resep Kentang Goreng Krispi (French Fries)
Sumber: Ariesta Mikdar(modified)
Bahan:
1. 3 buah Kentang
2. Garam halus secukupnya
Adonan celupan :
1. 1 butir telur
2. 3 sdm tepung terigu
3. 150 ml air
4. 1/2 sdt garam
5. 1/4 sdt merica bubuk
Tepung Bumbu (aduk rata ) :
1. 250 gram tepung terigu protein sedang, misal segitiga
2. 50 gram tepung sagu
3. 1 sdt garam
4. 1/2 sdt merica bubuk
5. 1 sdt cabai bubuk
6. 1/2 sdt baking powder
7. Minyak secukupnya, untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Kupas kentang, cuci hingga bersih. Potong2 kentang memanjang seperti kentang french fries pada umumnya.  Taburi kentang yang sudah dipotong2 dengan sedikit garam halus dan aduk rata, agar kentang berasa gurih, diamkan sebentar (5 menit).
2. Kemudian taruh kentang yang sudah diberi garam diatas sebuah serbet tebal yang mampu menyerap air, tekan2 perlahan kentang dengan serbet (boleh juga pakai kitchen towel/tissue dapur) agar kentang kering dan berkurang kadar airnya.
3. Kemudian goreng kentang dengan minyak goreng yang panas hingga setengah matang, angkat dan tiriskan. Lakukan sampai semua kentang digoreng setengah matang(kentang digoreng sampai kuning dan agak berkulit).
4. Setelah kentang setengah matang dingin, celupkan ke bahan celupan dan letakkan dalam wadah kedap udara yang berisi tepung bumbu, aduk-aduk dan tutup dengan rapat. Simpan dalam freezer agar menjadi beku.
5. Jika ingin menyajikan kentang goreng, ambil dari freezer lalu goreng kembali dalam keadaan beku dengan minyak goreng yang panas. Lebih bagus hasil gorengannya jika menggunakan frying pan, kentang goreng matang merata dan lebih renyah/krispi. Tetapi kalau tidak punya frying pan, bisa menggunakan panci biasa yang agak dalam, sehingga kentang bisa terendam semua dalam minyak goreng.
Selamat Mencoba ^_^

No comments: