Lapis Pelangi (Sagu)

Bismillah  
Madinah semakin dingin, udah 15 C aja, pagi subuh slalu kedinginan dan flu. Sweateran terus jadinya.  
Sedikit curcol ya, ternyata benar ya, musim dingin itu malamnya panjang dan musim panas malamnya pendek. Dulunya sih saya tidak begitu yakin. Sekarang sudah dibuktikan deh. Bayangkan aja, subuh musim panas itu jam 4, sedangkan isya nya jam 9. Jam 11 malam kita baru bisa tidur karena bawaan badan di musim panas. Jadinya tidur 5 jam saja. Beda dengan musim dingin, subuhnya jam setengah 6, isya jam 7. Kalau tidur jam 8, wah bisa sampai 9 jam. Lamaaaa dan tidur memang terasa nikmat ketika musim dingin. Pengennya seharian berguluuung aja di selimut. Xixixiixixi.  

Kembali ke resep hari ini. Setelah kemarin membuat lapis pelangi terigu, hari ini saya membuat yang dari tepung sagu. Lebih kenyal dan enak ternyata. Warna pelanginya lebih kelihatan ya. MasyaAllah cantik sekali. Tapi nggak nyangka kebanyakan bikinnya. Jadi bingung nih mau dikasi siapa. Overall hilang deh penasaran dengan lapis pelangi. ^0^ Udah berhasil ditaklukkan, alhamdulillah.
  
Resep Lapis Pelangi (Sagu)
Sumber: Ariesta Mikdar(modified)  
Bahan:  
1. 500 gr tepung sagu/tapioka
2. 200 gr tepung terigu
3. 600 gr gula pasir
4. 1 sdt vanili
5. 1/4 sdt garam (secukup rasa)
6. 1600 ml santan sedang kentalnya
7. 5 helai daun pandan
8. 10 lembar daun jeruk
9. Pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu  
Cara Membuat:  
1. Rebus santan, daun pandan, daun jeruk dan garam, aduk terus sampai mendidih, diamkan sampai hangat.
2. Campur tepung beras, gula, tepung sagu/tapioka, vanili aduk rata.
3. Setelah santan hangat, tuangi sedikit demi sedikit kedalam tepung yang sudah tercampur tadi sambil terus diaduk, hingga adonan halus dan licin tidak bergumpal.
4. Siapkan loyang kotak 20x20x7 cm yang sudah di olesi minyak goreng, dialasi dengan plastik dan olesi kembali dengan minyak goreng.
5. Adonan di bagi 6, beri warna merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu.
6. Siapkan kukusan yang sudah di beri air, masukan loyangnya, panaskan sampai beruap. Tuang lapisan warna merah 2-3 sendok sayur, kukus selama 5 menit, yang kedua tuang warna merah lagi dan kukus selama 5 menit dan terus tuang lagi adonan warna merah (tiap warna di tuang tiga lapis).sampai berulang ulang hingga adonan warna selanjutnya habis, terakhir kukus lagi selama 30 menit.
7. Setelah matang angkat dan dinginkan, setelah dingin potong dengan pisau yang di bungkus plastik, agar kue lapis tidak melekat ke pisau dan hasilnya akan bagus mulus.  
Selamat Mencoba ^_^  
Ini hasilnya, kebanyakan ya.
  
23 November 2013

No comments: