Lopek Bugih Labu Kuning



Bismillah
Lopek bugih adalah salah satu kue basah tradisional kegemaranku. Terbuat dari tepung ketan dan berisi kelapa unti. Tepung ketannya bisa tepung ketan putih atau hitam. Warnanya pun bisa putih, hijau atau hitam. Kalau yang tepung ketan hitam, kelapa untinya berwarna putih atau tanpa gula merah. Nah sekarang lopek bugih bisa divariankan dengan labu kuning. Jadi tepung ketannya diganti labu kuning kukus. Tapi tetap dengan penambahan sedikit saja tepung ketan.

Berawal dari banyaknya labu kuning yang dikirmkan kakak iparku, kak fathimah dari perawang. Labunya banyak sekali dan besar-besar. Setiap kali diolah selalu jadi sayuran jellok bahasa bataknya labu kuning. Labu kuningnya dimasak jadi sayur dengan kuah santan. Ih saya nggak berapa suka. Kalau saya biasanya, labu ya dikolak bukan disayur. Yah lain lubuk lain ikannya, lain daerah lain pula masakannya.
Untuk mengobati rasa bosan inilah, saya membisiki mamak supaya mau bikin kue dari labu kuning. Dan terpilihlah lopek bugih labu kuning ini. Saya suka, saya suka :D. Saya pun belajar membuat kue ini dan membungkusnya dengan daun pisang. Rada tricky tapi alhamdulillah bisa juga. Dan hasilnya laris manis. Sebentar aja langsung habis karena ramai. Saya cuma kebagian satu saja, hiks hiks.

Resep Lopek Bugih Labu Kuning
Sumber: Dapur Mamak
Bahan :
1. 600 gram labu kuning (kukus, haluskan)
2. 300 gram tepung ketan
3. 1 sdt garam
Bahan Isi :
Kelapa parut, gula merah, pandan dan garam campur jadi satu, tambahkan sedikit air, masak di atas api sedang sampai air habis.

Cara Membuat:
1. Campurkan labu kuning kukus dengan tepung ketan serta bubuhkan garam, aduk rata.
2. Sendokkan 1 sdm adonan ke atas daun pisang, isi dengan kelapa unti. Bentuk segitiga.
3. Kukus hingga matang. Sajikan.
Biasanya daun pisangnya diolesi minyak, tapi tanpa minyak juga nggak apa-apa.
Selamat Mencoba ^_^
3 Agustus 2014

No comments: