Makhrojan di Musim Dingin


Bismillah

Musim dingin musimnya makhrojan atau pameran. Di madinah memang sering sekali diadakan pameran-pameran. Ada pameran buku, pameran budaya, pameran bunga dan terakhir yang saya nikmati adalah pameran musim dingin (makhrojan sittin).
Sebelumnya pernah saya ceritakan tentang makhrojan zuhuur (pameran bunga) di yanbu’, begitupula di madinah juga diadakan hampir setiap musim dingin, walaupun area hamparan bunganya tidak seluas di yanbu’.
Kemudian di jami’ah islamiyah diadakan juga pameran buku khusus thullab jami’ah. Dan dua hari diperuntukkan buat keluarganya mahasiswa. Berbagai buku disuguhkan, yang pastinya menjadi incaran mahasiswa karena lengkapnya buku yang dipamerkan. Ada juga permainan edukasi untuk anak-anak yang tentunya sangat mendidik.
Selanjutnya pameran kebudayaan, beraneka budaya dari seluruh negara disuguhkan oleh thullab jami’ah dan juga diadakan kompetisi antar negara, semisal masakan, dan yang memasaknya adalah thullab yang kesemuanya pria. Sungguh unik sekali.
Dan terakhir, makhrojan sittin. Terdapat berbagai macam permainan anak-anak yang lucu dan unik. Ada luncuran yang terbuat dari balon berisi gas, rally untuk mobil-mobilan, sepeda air dan yang paling unik, balon air, dimana anak-anak akan memasuki balon dan balonnya diapungkan diatas air. Anak-anak akan bergerak didalam balon sehingga balonnya bergerak2 diatas air, unik sekali ya.
Selain itu terdapat banyak stand-stand seperti stand baju, stand peralatan rumah tangga, stand kosmetik sampai stand makanan. Pulangnya saya membawa oleh-oleh baju kembaran bertuliskan I love mama buat harits dan abdullah. Dan malamnya kami menyaksikan air terjun di jalan sultonah. Rihlah dalam kota yang cukup menyenangkan. Alhamdulillah.

No comments: