Martabak Bolu Dwi Warna

Bismillah  
Ntah kenapa kemarin malam tiba-tiba kepengen banged makan martabak durian, huhuhu mau dicari kemana. Paginya saya buat martabak bolu aja, sekalian menghabiskan vla sisa membuat dadar gulung isi vla beberapa hari yang lalu. Martabak bolunya dwi warna, lumayan enak disantap bersama the hangat di pagi yang super dingin. Habis bikin martabak, balik lagi bergulung dengan selimut. Dinginnya nggak tahan, brrrr.  

Resep Martabak Bolu Dwi Warna
Sumber: MBM  
Bahan A:  
1. 100 gram terigu protein sedang
2. 25 gram gula pasir halus
3. 1/2 sdt ragi instant
4. 150 ml santan hangat  
Bahan B:  
1. 1 butir telur
2. 1 buah kuning telur
3. 25 ml air perasan daun pandan
4. 1/2 sdt pasta pandan
5. 1/2 sdt baking powder
6. 1/4 sdt soda kue
7. 1 sdt gula pasir (untuk taburan)  
Bahan vla:  
1. 100 ml santan encer
2. 1/8 sdt garam
3. 3 sdm susu kental manis
4. 1 lembar daun pandan, sobek-sobek
5. 1/4 sdt pasta pandan
6. 1 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air  
Dusting:   Gula halus  
Cara membuat:  
1. Filling: Masak santan bersama garam, susu kental manis, pasta pandan dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Sisihkan. Martabak:
2. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
3. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
4. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya…). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
5. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan vla. Taburi keju parut. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.  
* untuk bikin dua warna : bagi adonan jadi dua, tambahkan masing masing dengan pasta rasa strawberi dan pasta pandan tuang dua adonan tadi secara bersamaan selanjutnya prosesnya sama kaya buat yang biasa
*Resep ini jadinya hanya 1 buah martabak ukuran sedang. Jika mau membuat 2x atau 3x resep, tetap soda kue dimasukkan terakhir dan per loyang. Ambil adonan untuk per loyang (masukkan ke mangkuk atau gelas ukur), beri 1/4 sdt soda kue, aduk cepat dan segera tuang ke loyang yang sudah dipanaskan. Begitu seterusnya sampai adonan habis.  
Selamat Mencoba ^_^  
23 Des 2013

No comments: