Mochi

Bismillah
Membuat kue khas negeri sakura yuk, mochi. Mochi yang kenyal-kenyal ini merupakan salah satu kue favoritku. Kalau di indonesia, teksturnya mirip kue ku. Bedanya mochi lebih kenyal dibandingkan kue ku yang padat. Biasanya untuk mendapatkan mochi yang kenyal empuk dengan cara menumbuk tepung ketan kukus hingga kalis dan kenyal. Tapi kita membuat mochi tanpa ditumbuk ya. Tepung ketan hanya perlu didiamkan sepuluh menit saja. Sebelumnya saya juga pernah membuat mochi kentang (resepnya disini), dan untuk memperoleh kekenyalannya, adonan tepung ketan dan kentangnya dimixer menggunakan mixer berkaki spiral sampai kalis dan kenyal.
Mochi originalnya berwarna putih dan berisi kacang sangrai tumbuk. Seiring perkembangan zaman, mochi pun mengalami beberapa modifikasi sehingga bervariasi dalam warna maupun rasa. Bisa berisi ganache coklat ataupun kacang hijau dan kacang merah tumbuk. Bisa juga bertaburkan wijen atau kelapa parut. Atau dicelupkan kedalam coklat yang sudah ditim. Variasi mochi yang saya buat hanya mochi original dan mochi bertabur wijen serta berisi ganache coklat. Warnanya hanya putih dan coklat saja. Mudah-mudahan di kesempatan lain bisa membuat mochi dari tepung ketan hitam seperti di blog mbak hesty ataupun mochi green tea.

Resep Mochi
Sumber: Hesty Kitchen (modified)
Bahan kulit:
1. 200 gram tepung ketan putih
2. 50 gram gula pasir
3. 1/4 sdt garam halus
4. 100 ml air biasa
5. 1 sdm minyak goreng
6. 10 gram tepung maizena
7. 1/2 sdt vanili bubuk
8. 50 ml air panas

Cara membuat :
1. Campur tepung ketan, gula, garam, vanili bubuk. Aduk rata. Tambahkan minyak. Aduk lagi.
2. Campur maizena dan 50 ml air (dari 100 ml air biasa) aduk rata. Tuangkan air panas. Aduk lalu masukkan ke dalam campuran tepung. Aduk rata. Tambahkan sisa air sedikit-sedikit sampai adonan kalis. Diamkan 10 menit dengan ditutup plastik.
3. Ambil sedikit adonan, beri filling dan bentuk bulat. Kukus dengan api sedang dalam kukusan yang dialasi daun pisang selama 10 menit. Angkat perlahan lahan menggunakan spatula kecil yang dioles minyak. Kerjakan cepat agar kulit mochi tetap lembab. Kalo terlalu lama kukusan dibuka maka kulit akan kering dan bahan baluran susah menempel.
Gulingkan di bahan taburan (maizena sangrai untuk mochi isi kacang dan wijen untuk mochi isi coklat)
Filling ganache cokelat:
1. 12,5 gram mentega tawar
2. 25 ml krim kental
3. Bubuk kopi instan secukupnya
4. 100 gram dark cooking cokelat
Cara membuat :
Panaskan mentega, tambahkan krim kental, kopi instan dan dark cooking cokelat. Aduk rata sampai cokelat larut. Dinginkan sebentar di freezer. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
Filling kacang tanah :
1. 75 gram kacang tanah kupas sangrai
2. 38 gram gula pasir
Cara Membuat:
Kacang kupas sangrai blender panas-panas dengan gula supaya gampang dibulat-bulatkan.
Selamat Mencoba ^_^
02 Jan 2014

No comments: