Pie Buah

Bismillah
Setelah demam sus usai, gantian demam pie melanda. Asal muasalnya juga sama, melihat postingan pie yang berseliweran di fb jadi rasanya ingin mencoba membuat juga. Nggak tanggung-tanggung langsung dua resep pie mini. Alhamdulillah sukses semua, cantik-cantik dan tentunya enak.
Sebenarnya saya teramat menyukai pie. Pie mini seperti pie buah atau pie dengan loyang besar seperti apple pie, lemon pie dan pie lainnya dengan hiasan indah beraneka rupa. Rasa crunch diluar pie serta aneka buah-buahan didalamnya sangatlah nikmat. Sensasinya membuat saya tidak pernah tahan untuk mencomotnya satu demi satu.
Sudah banyak resep pie yang menanti untuk dicoba namun waktu, kesempatan serta bahan yang diperlukan belum terpenuhi. Apalagi saat-saat penghematan seperti sekarang ini. Mau membeli mentega dan bahan pie lainnya harus pikir-pikir dahulu.
Tetapi untuk memuaskan rasa penasaran yang sudah lama menghinggapi jiwa dan raga (lebay sangat..:D) akhirnya tercipta juga dua macam pie imut nan indah menyelerakan, pie buah dan pie brownies. Sisa resep pie lainnya harap sabar menanti yaa.
Pie pertama yang menjadi primadona adalah pie buah. Pie ini sudah teramat sering disajikan pada acara-acara karena termasuk kue yang sering dijadikan pelengkap kotak box yang dibagikan di setiap pertemuan. Untuk cita rasanya perpaduan antara kulit pie yang gurih dan aneka buah-buahan segar didalamnya serta vla yang membalurinya sungguh memanjakan lidah. Tak terasa sebentar saja sudah habis. Lebih nikmat disantap dingin, vla dan buahnya akan terasa lebih segar. Untuk buah-buahannya saya memakai stok yang ada dirumah saja, buah kalengan untuk membuat es buah.

Resep Pie Buah
Sumber: MBM
Bahan Kulit Pie:
1. 200 gram margarin atau mentega
2. 75 gram gula halus
3. 430 gram tepung terigu
4. 1 butir telur
Bahan Vla:
1. 35 gram tepung maizena
2. 35 gram tepung terigu
3. 500 ml susu cair.
4. 2 sdm mentega
5. 1 kuning telur
6. 1 sdt vanili bubuk
7. 125 gram gula
8. Garam secukupnya
Cara membuat:
Kulit Pie:
1. Campur jadi satu mentega dan gula ,mixer hingga rata saja
2. Masukkan telur mixer lagi hingga rata
3. Masukkan terigu mixer lagi hingga berbutir2(kalau aku males pake tangan ,karna ntar kulit painya bisa jadi keras)
4. Cetak kulit pie di cetakan pie mini, tusuk menggunakan garpu.
5. Panggang hingga matang.
Vla:
1. Campur jadi satu susu cair,gula,terigu,maizena ,kuning telur.
2. Aduk sampe tidak bergerindil. Masak hingga meletup-letup. Jangan lupa terus di aduk supaya nggak gosong menggunakan api kecil saja ya.
3. Angkat setelah matang, masukkan mentega,aduk. Masukkan vanili agar tidak terasa amis, siap di gunakan.
Penyajian:
1. Pie yang sudah matang letakkan pada rak kawat. Tunggu hingga dingin lalu lepaskan dari cetakan.
2. Isi kulit pie dengan vla yang sudah didinginkan. Atur buah diatasnya. Dinginkan lalu sajikan.
Selamat Mencoba ^_^
3 May 2014

No comments: