Pohul-pohul



Bismillah
Sebelumnya saya penasaran banged dengan kue khas daerah sumatra utara atau khasnya orang batak. Saya belum pernah mendengarnya. Nah zauji bilang kalau kue khas kampungnya itu ada yang namanya pohul-pohul. Sip, langsung deh pas di kampung saya utarakan pada mertua. Mertua sedikit tertawa mendengar saya yang penasaran dengan kue pohul-pohul. Akhirnya mumpung dibelakang ada kelapa, kami pun segera membuat kue itak atau pohul-pohul ini.
Mamak cerita kue ini biasanya zaman dahulu dimakan mentah aja bersama beras. Wih gimana rasanya ya. Ada-ada saja orang tua zaman dahulu ini. Kue ini sendiri terbilang unik, membentuknya dengan mengepalkan ditangan, jadi ada bentuk jari-jari gitu ya, hihihi, saya jadi tertawa sendiri melihatnya. Resep dari mamak sih menggunakan kiralogi, jadi saya membagi resep yang kira-kira mirip dengan resep mamak.

Resep Pohul-pohul
Sumber: dijaminuenak.blogspot.com
Bahan:
1. 250 gr kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
2. 125 gr tepung beras
3. ½ sdt garam
4. 50 gr gula merah sisir kasar
5. 20 lbr daun pandan
Cara Membuat:
1. Aduk rata kelapa, tepung beras dan garam hingga tercampur rata.
2. Taburkan gula merah, sisihkan.
3. Ambil dua sendok makan adonan, lalu kepal-kepal dengan tangan.
4. Alasi kukusan dengan daun pandan.
5. Kukus sampai matang.
Untuk 10 buah.
Selamat Mencoba ^_^
27 Juli 2014

No comments: