Cake Potong Pandan Keju

Bismillah
Semasa dulu, di rumah(rumah umi)jika ada tamu yang bertandang atau acara-acara, kami menyajikan cake potong. Biasanya sih tinggal beli aja di supermarket. Sengaja beli cake potong supaya nggak repot lagi memotong cakenya, hehehee edisi malas ya.
Hari ini nggak ada angin apa kok tiba-tiba pengen nyoba buat cake potong. Alhamdulillah jadi dan lembut. Apalagi perpaduan pandan dan kejunya, sedap banged. Resepnya saya contek dari resep mbak ricke yang udah berpengalaman dalam membuat cake. Jazakillahu khairan, terima kasih buat resepnya ya mbak. Kapan waktu pengen nyoba buat lagi. ^_^

Cake Potong Pandan Keju
by Ricke ‘Bunda Nadhifa’
Bahan A:
1. 4 kuning telur
2. 30 gram gula pasir
3. 1 sdt emulsifier
4. 1/4 sdt vanilla
5. 1 sdm susu cair
Bahan B:
1. 4 putih telur
2. 1/4 sdt garam
3. 1/2 sdt air jeruk nipis (pengganti cream of tar tar)
4. 50 gram gula pasir
Bahan C:
1. 60 gram terigu
2. 15 gram maizena
3. 1/4 sdt baking powder
—> Campur dan ayak
Bahan D:
1. 1 sdt pasta pandan
2. 60 gram butter/margarine, lelehkan
Topping:
1. Buttercream
2. Keju cheddar parut
3. Cherry merah untuk hiasan
Cara membuat:
1. Panaskan oven 190’C. Siapkan loyang persegi ukuran 24x24x4 cm. Olesi dasarnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan A: Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan putih. Masukkan vanilla dan susu cair, kocok rata. Sisihkan.
3. Bahan B: Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan bahan A (kuning telur) sedikit demi sedikit ke bahan B (putih telur) sambil dikocok perlahan hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C (campuran terigu) aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
6. Masukkan bahan D (pasta pandan dan butter/margarin leleh), aduk balik dengan spatula hinga rata dan homogen.
7. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut. Potong-potong. Hias dengan cherry merah.
Selamat Mencoba ^_^
15 May 2014

No comments: