Puding Kopi Saus Santan

Bismillah
Sudah lama sekali terakhir makan puding, agar-agar dan sebangsanya. Jadi kangen banged. Meskipun lebih baik membuatnya ketika zauji di rumah dan tidak sedang safar. Tapi nggak papa deh, mumpung ada agar-agar di rumah.
Kenapa saya jarang membuat puding. Sebelumnya karena kulkas yang sering bermasalah, pudingnya jadi nggak beku. Kemudian, harga agar-agar disini lumayan mahal, tidak seperti di indonesia. Jadi malas membuat puding deh. Padahal agar-agar dan puding sangat bagus untuk kesehatan. Rumput laut yang menjadi bahan baku agar-agar memiliki nilai gizi yang tinggi.
Puding kopi yang saya buat ini enak banged. Mirip deh dengan favoritnya umi yang sering dibeli di holland bakery. Inget umi deh jadinya. Rasanya unik, aroma kopi susunya kerasa sekali. Dipadukan dengan saus atau vla santan, lemak deh. Mari coba buat di rumah, karena sangat mudah dibuat plus bahannya mudah didapatkan karena selalu terdapat di rumah.

Resep Puding Kopi Saus Santan
Sumber: Suryana Maulida
Bahan :
1. 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
2. 35 gram kopi instan
3. 200 gram gula pasir
4. 10 sdm susu bubuk
5. 600 ml air
Saus :
1. 200 ml santan
2. ½ sdt garam
3. ½ sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Campurkan air, agar-agar bubuk, kopi instan, gula pasir, susu bubuk dan masak hingga mendidih dengan terus diaduk agar tidak menggumpal. Masak hingga mendidih.
2. Tuang kedalam cetakan, hilangkan uap panasnya dan masukkan ke dalam lemari es.
3. Untuk sausnya, larutkan santan dan garam, aduk rata dan kentalkan dengan larutan tepung maizena. Angkat dan dinginkan.
4. Untuk penyajian, potong2 puding dan letakkan di piring saji, sirami saus diatasnya.
Selamat Mencoba ^_^
22 Jan 2014

No comments: