Puding Labu Kuning

Bismillah
Nyesss…nyesss…segernya puding labu kuning ketika dinikmati, aroma gula merah dan labu kuningnya berpadu dengan vla, lezat sekali. Beneran deh. Sukses menjadi puding favoritku. Zauji dan anak-anak juga doyan. Apalagi puding labu ini sehat, kaya gizi dan efek cooling down nya juga bagus untuk tubuh.
Buat pudingnya malam sebelumnya, dinikmati usai sarapan mie udang, request zauji, udah dua hari request mie melulu, suka banged dengan mie sih. Dan nggak nyangka, semuanya suka pudingnya. Suprise juga karena sebentar aja satu loyang ludes. Hmm,,,senangnya kalau makanan buatan dinikmati orang-orang tersayang.
Saya membeli sekitar sekilo labu kuning, rencananya ingin dibuat empat macam penganan. Hemat dan variatif. Jadi jangan bosan kalau kedepannya sajiannya hanya seputar labu kuning, lagi tergila-gila dengan labu nih,,,hehehe.

Resep Puding Labu Kuning
Sumber: Ita-DapurGriyaKhayangan
Bahan:
1. 1 pack agar-agar bubuk swallow globe (merek lain juga boleh)
2. 150 gram gula pasir
3. 50 gram gula palem (brown sugar)
4. 400 ml air putih
5. 250 gram labu kuning kukus yang sudah dihaluskan
6. 500 ml santan kental (boleh pakai Kara/santan instan)
7. 1/4 sdt garam
8. 1/2 sdt vanili bubuk
9. 1 buah kuning telur ukuran besar
Bahan Vla:
1. 15 gram tepung maizena
2. 400 ml susu cair tawar
3. 50 gram gula pasir
4. 1/4 sdt garam
5. 1/2 sdt vanili bubuk
6. 1 buah kuning telur ukuran sedang
7. 1/2 sdm mentega unsalted/tawar

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu di dalam panci perebus yaitu bubuk agar-agar, gula pasir, gula palem, air, waluh, santan, garam, dan vanili bubuk, aduk hingga tercampur rata. Kemudian rebus diatas panas api sedang sambil terus diaduk.
2. Kocok lepas kuning telur, ambil dua sendok sayur campuran agar-agar yang sedang direbus dan tuangkan ke dalam kocokan telur…aduk hingga rata. Lalu tuangkan campuran kuning telur tersebut kedalam larutan agar-agar yang sedang direbus, aduk segera hingga bercampur rata. Tunggu hingga larutan agar-agar mendidih, angkat dan biarkan hilang uap panasnya sebentar.
3. Masukkan larutan agar-agar kedalam cetakan agar-agar/puding (ukuran cetakan dengan volume sekitar 1.5 liter), diamkan agar dingin…baru boleh dimasukkan kedalam lemari penyejuk/kulkas.
4. Hidangkan dengan saus atau vla vanila, dan jika suka boleh ditambahkan fruits cocktail kalengan.
Cara Membuat Vla Vanila:
1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus…kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.
2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus…aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.
3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam wadah lain. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.. :)
Selamat Mencoba ^_^
1 Feb 2014

No comments: