Puding Susu Gula Merah


Bismillah
Berbeda dengan puding mawar yang memiliki penampilan yang cantik, puding susu gula merah ini cenderung berpenampilan biasa. Tapi kalau soal rasa memang lezat sekali. Mungkin karena saya menyukai aroma dan rasa gula merah.
Puding gula merah merupakan puding yang sudah tidak asing lagi kita temui baik di rumah atau di acara-acara kumpul bersama keluarga. Karena puding gula merah adalah salah satu puding tradisional khas indonesia. Biasanya, puding ini menggunakan santan sebagai bahannya. Maka akan terciptalah dua lapisan alami dari puding gula merah dan santan. Namun yang saya sajikan saat ini adalah modifikasi dari puding gula merah, yaitu dengan mengganti santan menjadi susu dan penambahan telur. Amis? Tidak kok,, aroma yang dominan dari puding ini adalah wangi gula merahnya, plus lebih lemak dan lembut. Puding ini berpenampilan berbeda dengan yang original, tapi untuk rasa, lebih lezat, recomended deh.

Resep Puding Susu Gula Merah
Sumber: Suryana Maulida
Puding Susu Gula Merah
Bahan :
1. 1 bungkus agar2 bubuk warna putih
2. 200 gram gula merah (sesuai selera)
3. 900 ml susu cair
4. 1 butir telur
5. ¼ sdt garam
Cara Membuat :
1. Didihkan gula merah bersama susu cair, saring.
2. Masak kembali bersama agar-agar bubuk dan beri ¼ sdt garam dengan terus diaduk supaya tidak menggumpal.
3. Ambil sedikit adonan agar-agar, campurkan bersama telur yang sudah dikocok lalu kembali masukkan ke dalam panci, masak sampai mendidih.
4. Angkat, dinginkan sebentar dan segera tuang kedalam cetakan dan masukkan lemari es.
5. Setelah beku, potong-potong dan sajikan bersama gula merah yang di serut kasar
Selamat Mencoba ^_^
10 Feb 2014

No comments: