Red Velvet


Bismillah

Red Velvetnya udah jadiii…warnanya nggak merah betul ya. Tadi saya agak ragu-ragu ngasi pewarnanya, jadinya kurang ngejreng. Baru tau berarti red velvet itu pewarnanya banyak ya supaya merah sekali atau mungkin pakai pewarna yang bagus jadi sedikit aja sudah pekat warnanya. Mungkin juga pengaruh coklat bubuknya yang saya skip, soalnya stok juga lagi habis.  
Overall, red velvet ku ini enak deh. Wangi… Buttermilknya kerasa banged wanginya. Buttercreamnya juga pas manisnya. Menurutku red velvet ini unik cakenya, sensasi buttermilknya itu beda dengan tart hias biasanya. Nikmat deh, salah satu tart yang kusuka, soalnya saya nggak begitu suka tart atau cake dengan buttercream, suka eneg gitu. Lebih suka dengan ganache atau glaze. Dengan toping buah-buahan lebih suka, seger rasanya.  
Sebenarnya red velvet resep originalnya menggunakan buah bit sebagai pewarna, tapi saya nggak suka baunya. Pernah sebelumnya saya membuat yang natural buah bit, eneg banged dan akhirnya terbuang. Harits juga kurang suka. Akhirnya saya cari resep tanpa buah bit, dan akhirnya menemukan resepnya di Jasmine Kitchen. Alhamdulillah hasilnya enak, harits pun doyan. Hmm,,,senang juga. Lain kali insyaAllah mau hunting pewarna yang pekat supaya lebih ngejreng dikit warnanya.  

Resep Red Velvet
Sumber: Joy of Baking  
Bahan : 

1. 3 butir telur ukuran sedang
2. 113 gram mentega
3. 200 gram gula halus
4. 15 gram coklat bubuk
5. 250 gram terigu
6. 1/2 sdt garam
7. 1 sdt baking soda
8. Pewarna merah.  
Butter milk:  
1. 240 ml susu cair
2. 1 sdm cuka / 1 sdm air jeruk lemon  
Cara Membuat :  
1. Campur susu dan cuka, diamkan 15 menit hingga susu sedikit mengental dan menjadi buttermilk. Ayak terigu coklat bubuk dan baking powder, sisihkan
2. Kocok mentega , gula dan garam hingga lembut
3. Masukkan telur kocok hingga lembut
4. Masukkan campuran terigu bergantian dengan butter milk yang sudah di campur pewarna merah. tepung -butter milk-tepung-buttermilk-tepung
5. Bakar di 2 loyang
6. Bagian menggembung diatas cake dipotong dan di jadikan hiasan berupa remahan cake.
7. Hias dengan cream cheese cream atau butter cream.  
Selamat Mencoba ^_^  
2 Des 2013

No comments: