Sentiling



Bismillah
Alhamdulillah tahun ini bisa mudik lagi. Senang sekali. Tahun ini harits dan abdullah sudah lumayan besar. Harits udah 3 tahun 1 bulan dan abdullah 1 tahun 5 bulan. Dan ternyata setelah di indonesia saya baru tahu kalau saya sudah hamil 3 bulan. MasyaAlloh….memang sempat merasa janggal juga selama di madinah sempat mual dan lemas nggak menentu. Dan setelah diperiksa ya benar hamil lagi.
Hamil yang ketiga ini berbeda daripada hamil yang sebelumnya. Faktor usia atau bawaan wallahu ‘alam. Yang jelas selama hamil muda ini, saya mual hebat dan terkadang muntah yang pada kehamilan sebelumnya hampir tidak pernah sama sekali. Apabila perut ini tidak diisi maka akan lemas sekali, terkapar tidak bisa ngapa-ngapain. Belum lagi selama hamil muda saya selalu batuk-batuk. Batuknya nggak karuan, sampai muntah-muntah. Subhanalloh, benar-benar deh. Pantas saja perjuangan ibu itu tak tergantikan. Dari hamil saja, ibu sudah berjuang. Hingga tetes terakhir membesarkan anaknya. Dengan peluh dan air mata. Setiap hamil gini langsung deh kangen ummi melulu. Alhamdulillah tiap hamil muda berkesempatan berdekatan dengan ummi tercinta.
Seperti halnya hamil muda sebelumnya, saya selalu ngidam yang asam-asam seperti mangga muda. Ketika di kampung suami kebetulan lagi tidak musim mangga, kecele banged kan. Hampir setiap hari saya menunggu rujak yang lewat, yang kadang lewat kadang nggak, nggak bisa ditentukan waktunya. Walaupun yang asem dirujaknya cuma kedondong tapi saya senang sekali menikmatinya. Sluuurrrp.
Tapi berbeda dari hamil sebelumnya, hamil kali ini saya memiliki pantangan makanan. Memang setiap hamil muda saya selalu tidak menyukai bau-bauan amis dan yang ekstrem. Hidung saya seperti ribuan kali sensitif dibandingkan tidak hamil. Tapi entah mengapa hamil kali ini saya benci sekali dengan ayam. Cuma melihat ayam saja saya mual bukan main. Apalagi memakan daging ayam. Baru suapan pertama saja langsung muntah. Alhasil saya tidak pernah memakan daging ayam, bagaimanapun cara mengolahnya.
Back to the topic, sentiling ini saya buat setelah badan merasa lumayan enakan. Kebetulan saya belanja di warung dekat rumah dan membeli singkong. Singkong yang sudah hampir setahun tidak saya temukan dengan mudahnya saya temukan di indonesia ini. Murah lagi. Saya pun berencana membuat beraneka panganan berbahan singkong. Tapi mengingat kondisi hamil muda ini, sepertinya saya akan jarang sekali update post ya teman-teman. Harap dimaklumi. Masak saja saya eneg mencium bau bawangnya. Tapi jika kebetulan ada kesempatan dan badan fit, insyaAlloh kegiatan berbagi resep ini akan terus saya lanjutkan.
Sentiling adalah salah satu kue basah tradisional yang tidak pernah saya temukan sebelumnya. Kue ini memang khas nya orang jawa sana, pantas saja saya nggak pernah menemukan kue ini di sumatra. Kuenya kenyal kenyil mirip cenil, enak karena singkongnya kerasa banged. Ditaburi kelapa parut, hmm sedap. Membuatnya juga gampang kok. Yuk coba bersama.

Resep Sentiling
Sumber: Diah Didi
Bahan :
1. 500 gram singkong parut
2. 110 gram gula pasir
3. 1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih.
4. 1 bungkus vanili bubuk
5. 175 ml air
6. 1/2 sdt garam
7. 1/4 butir kelapa setengah tua untuk taburan, kupas bersih kulit arinya dan parut panjang, campur dengan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 15 menit.
8. Pewarna pink dan hijau
Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, kecuali kelapa parut..aduk rata. Lalu blender sampai halus, agar adonan lebih lembut, bening ketika matang dan tidak ada serat-serat singkongnya. Tapi jika menyukai sentiling yang masih terasa serat2 singkongnya, ya tidak usah di blender.
2. Bagi adonan menjadi tiga bagian, timbang sama berat, masing-masing beri pewarna merah dan hijau, sisanya dibiarkan putih. Lalu letakkan berseelahan di loyang yang sudah di alasi dengan plastik, atau di loyang kecil-kecil secara terpisah. Ratakan.
3. Kukus selama 30 menit. Lalu potong-potong kecil kotak dengan pisau yang di lapisi plastik supaya rapi potongannya dan gulingkan ke kelapa parut. Sajikan . Dinginkan sebentar di kulkas akan lebih enak.
Selamat Mencoba ^_^
8 Juni 2014

No comments: