Soto Ayam


Bismillah
Soto ayam lagi? Ya dong, zauji penggemar berat mie, apalagi soto. Setiap membeli bihun, kalau nggak minta dibuatkan bihun goreng pastilah minta dibuatkan soto. Sebenarnya zauji termasuk yang tidak pemilih dalam makanan, apapun yang saya masakkan untuk menu keseharian di rumah walaupun teramat sederhana seperti telur dadar, tetap habis zauji santap. Maklum perekonomian masih sederhana di perantauan orang, membuat kami selalu berfikir dahulu membeli bahan makanan yang mahal-mahal apalagi untuk makan diluar. Alhamdulillah diluar pun makanannya tidak ada yang menyelerakan lidah. Kalau tidak makanan arab seperti ayam faham dan sawaya, yang banyak dijual adalah broast, sejenis ayam goreng tepung atau ayam KFC begitu kita biasa menyebutnya. Makanya apabila sesekali dia minta dibuatkan makanan favoritnya, saya berusaha untuk memenuhi keinginannya.
Soto yang saya buat hari ini bukan soto khas daerah yang biasa saya buat. Sebelumnya saya pernah berbagi resep Soto Riau dan Soto Medan. Sedangkan sekarang, soto nasionalis saja, Soto Ayam. Resepnya dari kk sherly, seorang sahabat yang lumayan pandai mengolah masakan. Untuk mericanya saya kurangi, karena takut anak-anak kepedasan. Yuk intip resepnya.

Resep Soto Ayam
Sumber: Kk Sherly
Bahan:
1. 1kg ayam
2. 4 butir telur puyuh atau 2 butir telur ayam, rebus.
3. 3 tangkai daun sop diiris
4. Bawang goreng secukupnya
5. 3 lembar daun salam
6. 3 lembar daun jeruk
7. 1 tangkai sereh, memarkan
8. 1 ibu jari lengkuas, memarkan
9. 5 butir kapulaga 5 butir
10. 3 kuntum bunga lawang
11. Garam secukupnya
12. 1 sdt gula pasir
13. Irisan tomat secukupnya
14. 1 bungkus bihun masak dan tiriskan.
Bumbu Halus:
1. 1 sdm merica(saya 10 butir)
2. 1 sdm ketumbar
3. 5 siung bawang putih
4. 10 siung bawang merah
5. Setengah ibu jari jahe
6. 2 tangkai sereh
7. 1 ibu jari lengkuas
8. 1 ibu jari kunyit
Cara Membuat:
1. Rebus Adam air,hgg mendidih dan ayamnya masak. Tiriskan,sisihkan kaldunya. Kemudian goreng ayam yang direbus kmudian disuwir
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kaldu rebusan ayam, sereh, lengkuas dimemarkan, daun jeruk, daun slm, kapulaga,bunga lawang, garam dan gula hingga mendidih dan harum.
3. Susun mie diatas mangkok, beri suwiran ayam, bawang goreng, irisan daun dan siram dengan kuah soto. Taruh telur rebus diatasnya. Sajikan bersama sambal giling dan perasan jeruk nipis.
Selamat Mencoba ^_^
15 May 2014

No comments: