Sponge Cake Pandan

Bismillah
Sejak dua hari yang lalu ingin membuat sponge cake pandan, tapi firsth trial gagal total. Di rumah hanya ada loyang pendek, nggak cocok untuk sponge cake. Yang tinggi loyangnya kegedean atau loyang chiffon. Nah saya coba pake loyang chiffon pengganti loyang tulban, apesnya loyangnya bergeser dan adonannya merembes hingga ke dasar oven. Padahal dah laper banged. Zauji dan anak-anak yang nunggu cake nya, terpaksa gigit jari deh.
Percobaan kedua hari ini terpaksa pakai loyang super gede. Dan hasilnya tipis. Tapi rasanya enak banged, empus-empus, lembut seperti spons. Mudah-mudahan ada rezeki beli loyang yang pas, supaya hasilnya mantep selezat rasanya. ^_^
Resep Sponge Cake Pandan
Sumber: Analisa Ummu Abel
Bahan:
1. 4 butir telur
2. 100 gram gula pasir
3. 1/2 bgks vanili
4. 70 gram tepung beras
4. 30 gram tepung tapioka
5. 50 gram mentega cairkan atau 55 ml minyak 
Cara Membuat:
1. Panaskan microwave oven pada suhu 150 derajat C.
2. Siapkan baskom besar isi dengan air panas, kemudian siapkan baskom yang lebih kecil dari tadi,rendam didalam baskom besar tersebut. Cara ini digunakan untuk membantu telur bisa mengembang lebih baik
3. Masukan telur dan gula kemudian kocok dengan mikser secara bertahap. pertama dengan kecepatan 1, setelah gula larut naikkan kecepatan mikser ke medium. setelah 3 menit, naikkan ke high. Kocok hingga telur mengembang, yaitu hingga saat pengocok mikser diangkat, adonan tidah jatuh.
4. Setelah telur mengembang, keluarkan baskom kecil dari baskom besar yang dipakai untuk merendam tadi. (Karena adonan telur sudah mengembang, maka baskomnya tidak perlu direndam air panas lagi). Kecilkan mikser menjadi satu kemudian masukkan tepung, setelah rata, masukkan mentega yang telah dicairkan.  Aduk perlahan hingga rata.
5. Tuang kedalam loyang tulban dia. 18 cm dan panggang hingga matang, oven di microwave oven suhu 150 deg C selama 20 menit dilanjutkan 140 deg C selama 25 menit)
Note : Penting untuk menyegerakan proses pemanggangan untuk menghindari bantat.  Adonan tanpa emulsifier tidak bias menunggu terlalu lama di luar.
Selamat Mencoba ^_^
27 Des 2013

No comments: