Sup Daging


Bismillah

Hari ini zauji request sup daging. masih dengan resep ala ummi, yang enak, lembut dan wangi rempahnya kerasa. Saatnya saya menggunakan presto. Subhanallah seumur-umur saya baru pertama kali menggunakan presto. Soalnya umi selalu khawatir saya ceroboh menggunakan alat yang satu ini. Maklum berbahaya sekali kalau kita terlalu cepat membuka tutup presto sementara dia baru saja berbunyi tanda masak. Alhamdulillah seiring bertambah dewasanya saya, saya semakin teliti dalam melakukan banyak hal. Tidak seperti gadis dahulu sering ceroboh. Gelas saja sering saya pecahkan, hehehe jadi malu.

Sup daging ini penyediaannya simpel saja kok. Yang paling utama rempahnya cukup. supaya menghasilkan sup yang wangi. Alhamdulillah sup saya tidak ada amis dagingnya sama sekali. Lembut dan enak. Yuk intip resepnya.


Resep Sup Daging
Sumber: Dapur Ummi
Modified: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1/4 kg daging sapi, potong kecil-kecil
2. 2 buah kentang, potong-potong
3. 3 buah wortel, iris bundar
4. 6 siung bawang merah, iris tipis
5. 3 siung bawang putih, memarkan saja
6. 2 tangkai seledri, iris halus
7. 1 telunjuk kayu manis
8. 2 ruas jari jahe, memarkan
9. 1 sdm ketumbar
10. 10 butir merica
11. 1 sdt jintan
12. 1 sdt adas manis
13. 5 buah cengkeh
14. Air secukupnya
15. Garam secukupnya


Cara Membuat:

1. Sangrai ketumbar, merica, jintan, adas dan cengkeh. Haluskan kecuali cengkeh. Balurkan rempah halus ke daging. diamkan 5 menit.
2. Presto daging, jahe  dan bawang putih dengan air secukupnya sampai lembut, bisa juga direbus saja.
3. Jika sudah matang dan lembut, masukkan wortel dan kentang. Masukkan kayu manis dan cengkeh.
4. Sembari menunggu sayuran lembut, tumis irisan bawang dan seledri. Setelah sayuran matang, masukkan tumisan tadi bersama minyaknya.
5. Sup siap disajikan hangat.


Selamat Mencoba ^_^

18 Oktober 2014

No comments: