Apple Clafoutis

Bismillah




Sarapan yang terlambat, gimana nggak terlambat kalau buatnya jam sepuluh pagi, hehee. Maklum jam tujuh sudah ke musytasyfa (rumah sakit) jami'ah buat imunisasi abdullah. Pulang udah jam sembilan, buat roti syaksuka yaitu roti isi telur orak-arik khas saudi, tapi masih pengen juga sarapan yang manis-manis, coba buat clafoutis, daripada apel bertengger aja di dapur nggak diolah.

Clafoutis (klafuti) merupakan salah satu dessert yang berasal dari Prancis. Dessert ini disajikan hangat dan aslinya memakai dark cherry sebagai salah satu bahannya. Pada perkembangannya terdapat berbagai variasi clafoutis, dimana dark cherry bisa disubsitusi dengan berbagai macam buah sesuai selera. Disini saya menggunaka buah apel, Inginnya plus pisang juga, tapi sayang pisang sudah ludes dilahap krucil di rumah.




Cara membuat clafoutis terbilang simpel ya, menggunakan bahan-bahan seperti terigu, susu, krim kental (ini saya ganti cream cheese sisa brownies kemarin), telur dan buah-buahan. Teksturnya lembut dengan cita rasa manis cocok banged disajikan sebagai dessert, tapi disini saya buat untuk sarapan pagi. Rasanya maknyuuus, hingga tetes terakhir, satu resep benar-benar kurang, enak banged dimakan hangat di musim dingin seperti ini. Kapan waktu ingin coba pakai buah lain, penasaran dengan rasanya. Apel yang manis dipadukan dengan kismis yang manis asam, benar-benar top deh. Resep ini bersumber dari Dapur Daniar yang saya adaptasi dari blog cantik mbak Nina. Coba yuk, nggak usah ragu, karena rasanya nikmat plus mudah membuatnya.




Resep Apple Clafoutis
Sumber: Dapur Daniar- Catatan Nina
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 2 buah Apel
2. 100 gram tepung terigu
3. 2 butir telur
4. 100 gram gula pasir
5. 250 ml susu cair
6. 3 sdm cream cheese
7. 50 gram margarin leleh
8. Kismis secukupnya




Cara Membuat:

1. Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis margarin. Panaskan oven 170 C.
2. Potong-potong apel dengan ketebalan sedang kemudian tata di dasar pinggan. Sisihkan.
3. Dalam wadah, letakkan tepung terigu yang sudah diayak, buat lubang ditengahnya dan masukkan telur. Aduk hingga halus memakai balon whisk.
4. Tuang susu cair, gula pasir, cream cheese cair dan aduk hingga rata.
5. Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
6. Tuang ke dalam pinggan yang sudah berisi apel sedikit demi sedikit, taburi kismis.
7. Panggang selama 30-40 menit hingga matang.
8. Angkat dan sajikan hangat.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: