Klepon Ubi Jalar

Bismillah




Alhamdulillah wa syukurillah, akhirnya bisa mengentry postingan yang benar-benar dibuat hari ini, bukan "late post" lagi. Lega plus senang. Maunya sih begini terus. Doakan ya teman-teman, supaya blog ini lancar-lancar saja perjalanannya (ceile bahasanya).

Klepon ini saya buat karena beberapa hari yang lalu diberi tetangga klepon, tapi rasanya masih kurang, kurang banyak maksudnya, xixiixix....akhirnya bikin sendiri, secara kangen juga dengan penganan mungil ini. Enak, dimakan gulanya meletus-letus di mulut. Apalagi kesukaannya zauji. Jadi hari ini gantian berbagi ma tetangga, nggak papa ya kalau yang dibagi itu ke itu aja. Hehehee. 




Yang berbeda dari klepon yang biasanya saya buat, klepon ini terbuat dari ubi jalar. Mumpung ubi masih tersisa sedikit. Sayang saja kalau kelamaan ngadem di dapur. Pengennya pakai ubi ungu supaya warnanya lebih gonjreng, sayang ubi yang saya punya warnanya pudar, berwarna kuning, kuningnya pun keputih-putihan. Jadi beberapa kloter kleponnya saya beri lagi pasta pandan supaya cantik. Kapan waktu kalau beli ubi ungu mau buat lagi, insyaAllah.




Resepnya saya sadur dari resep mbak hesti. Alhamdulillah pas dan enak serta jadi rebutan. Sayang gula merahnya pas-pasan, jadi nggak bisa buat banyak-banyak, cuma tok satu resep. Padahal pengennya didobelin gitu, soalnya penghuni rumah ini rakus-rakus, xixixiixi. Berikut resepnya saya share ya, bedanya cuma ubi ungunya diganti ubi kuning.


Resep Klepon Ubi Jalar
Modifikasi : Dapur Comel Selma

Bahan: 

1. 150 gram tepung ketan putih
2. 150 gram ubi kuning kukus dan haluskan
3. Sejumput garam halus
4. Air secukupnya
5. 50 gram gula merah, potong kecil
6. Kelapa parut secukupnya



Cara Membuat:

1. Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata. Tambahkan ubi, uleni hingga tercampur.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dipulung.
3. Didihkan air dalam panci. Sementara itu isi adonan dengan gula merah dan bulatkan.
4. Masukkan bola-bola klepon kedalam air mendidih. Ketika mengapung, angkat dan saring. Balur klepon dengan kelapa parut.


Selamat Mencoba ^_^

No comments: