Creamcheese Pennylane Brownies with raisins and sesame seed

Bismillah


Dalam rangka ingin mengikuti program grup NCC yaitu  NCC Brownies Week, akhirnya saya membuat brownies juga. Sudah lama juga saya nggak memposting brownies, dari tahun kapan yaa...hehehee berlebihan ni. Pertamanya bingung mau menggunakan resep apa, inginnya sih memberdayakan bahan yang ada di rumah, bila perlu kalau ada yang kurang beli di baqolah (warung) depan rumah saja, simpel dan nggak mau repot. 

Nah yang bikin bingungnya, stok coklat bloknya nggak ada, biasanya sih saya nyetok dari indonesia, karena harganya lebih murah daripada harga coklat disini yang ampun-ampunan. Mau beli di baqolah juga nggak ada. Akhirnya saya mencari resep yang tanpa coklat blok. Dan jatuhlah pilihanku pada resep pennylane brownies ini.




Sebenarnya bukan karena non coklat blok saja yang menyebabkan saya jatuh cinta dengan resep ini. Selain mudah proses pembuatannya, lapisan crust dan retak-retak diatasnya terbilang unik menurutku. Tapi resepnya ini sudah saya permak sedikit dengan penambahan cream cheese dan topping favorit saya, kismis dan wijen. Saya suka sekali perpaduan kismis dan wijen didalam brownies yang legit. Kemudian penambahan creamcheese pada brownies bertujuan agar rasa manis pada brownies ini terbalance dengan gurihnya creamcheese. Hmm yummy deh pokonya, cake mewah ni menurutku.

Resep pennylane brownies nya saya adaptasi dari blog mbak hesti dengan sedikit modifikasi dari saya. Jazakillahu khairan sudah share resep mbak riana ini ya mbak.




Resep Creamcheese Pennylane Brownies with raisins and sesame seed
Sumber: Hesti's Kitchen
Modif: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 4 butir telur
2. 1/2 sdt garam
3. 450 gram gula
4. 1 sdt vanili
5. 225 gram minyak goreng
6. 60 gram coklat bubuk
7. 210 gram tepung terigu
8. Kismis secukupnya

9. Wijen secukupnya

Bahan Lapisan Creamcheese:

1. 140 gram cream cheese
2. 1 butir telur
5. 30 gram gula




Cara Membuat:
1. Panaskan oven dgn suhu 180 C, Olesi loyang brownies dengan mentega dan taburi terigu. Untuk resep diatas jadi 2 loyang ukuran 10×30 cm. 
2. Kocok asal rata telur dan gula, Jangan overmix ntar jadi spongy teksturnya.
3. Ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk, vanily. Masukkan ke adonan telur. Aduk perlahan menggunakan spatula.
4. Masukkan minyak aduk rata lagi
5. Terahir masukkan kismis dan wijen, aduk rata.
7. Masukkan setengah adonan brownies ke loyang, masukkan adonan creamcheese kemudian masukkan lagi adonan brownies, bentuk motif abstrak (optional ya), taburi lagi dengan kismis dan wijen.
6. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan, Panggang hingga matang. Soal waktu tergantung oven masing-masing, tapi sebaiknya suhunya memang agak panas. Kalau saya suhu 200 C selama 50 menit.

Dan Alhamdulillah resep plus fotonya lulus Ncc Brownies Week, terima kasih ya host manis legit. Badgenya cakep banget masyaAllah. Kecup buat semuanya.





Selamat Mencoba ^_^







2 comments:

Nisa said...

kyknya gampang ya... pengen nyoba deh. save dulu resepnya. jazakillahu khoiro, mbak udah berbagi ^^

Dapur Comel Selma said...

yuk dicoba mbak..
wa jazakillahu khairan
tx for visit my blog...muhun maaf baru bls ya...baru ngeh kalau banyak komentar yang terlewat