Gulai Cumi Isi Telur





Bismillah

Akhir-akhir ini rasanya badan ini semakin mudah lelah saja, kurang bersemangat rasanya. Nggak tahu juga mengapa. Mudah-mudahan segera fit. Sementara pekerjaan rumah hari-hari nggak ada berhentinya. Jadi kalau ada yang bilang kalau ibu rumah tangga itu nyantai, itu salah besar loh, malah ibu rumah tangga seperti saya nggak mengenal hari libur. Ini aja sedang menulis thread sambil mangku abdullah. Selalu begitu, masak, mencuci dan sebagainya, selalu ada yang ngekor, sebentar-benta kelahi. Kadang kalau suntuk bisa sampai berdiam diri di kamar, nggak mau ngapa-ngapain. Makanya kalau semua nggak diniatkan ibadah rasanya sia-sia kan?

Sudah lama saya ingin makan cumi, kangen sekali. Habis cumi lumayan mahal, dapatnya juga sedikit. Hari ini mau coba resep baru, soalnya ngiler lihat cumi montok ala gulai minang. Tapi ya overall, ternyata resep ini rasanya biasa aja, mungkin karena bumbunya nggak ditumis dahulu. Biasanya kalau membuat gulai, bumbu halusnya saya tumis dahulu jadi enak dan lemak serta matang. Ini karena masih mencoba perdana resepnya, jadi saya ikut "plek" tanpa perubahan, tapi saya jadi kurang puas deh. Sepertinya lain kali saya mau coba resep lain yang isinya tahu dan dikukus dahulu supaya cuminya lebih montok daripada ini.






Resep Gulai Cumi isi Telur
Sumber: http://elly-salman.blogspot.com/2012/11/gulai-cumi-isi-talua.html?m=1


Bahan:

1. 500 gram cumi
2. 2 butir telur, kocok lepas, tabur garam dan merica bubuk
3. 750 ml santan
4. 10 siung bawang merah
5. 5 siung bawang putih
6. 1 cm jahe
7. 2 butir kemiri
8. 1 cm lengkuas
9. 1 cm kunyit
10. 10 buah cabe merah
11. 3 lembar daun salam
12. 1 batang sereh
13. Garam secukupnya




Cara Membuat:

1.  Bersihkan cumi dan kosongkan perutnya.
2. Haluskan semua bumbu kecuali lengkuas, salam dan sereh.
3. Masukkan bumbu halus kedalam panci, tambahkan santan. Masak diatas api sedang.
4. Aduk gulai, masukkan salam, lengkuas dan sereh yang sudah dimemarkan
5. Setelah santan hampir mendidih, ambil cumi, isi perutnya dengan 1 sdm telur kocok, semat dengan lidi tajam kemudian masukkan ke dalam panci. Begitu seterusnya hingga cumi habis.
6. Aduk pelan gulai supaya santan tidak pecah.
7. Bubuhkan garam, tunggu sambil diaduk hingga cumi menggembung tanda telur sudah matang. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

2 comments:

Sumarti Saelan said...

Meski di negeri orang, resep tetap Tanah Air, gulaii ;)

Dapur Comel Selma said...

iya mak...malah sering masak makanan indonesia ketimbang makanan sini...coz kurang cocok di lidah ndeso kayak saya...hihihi