Ikan Masak Kecap Pedas

Bismillah




Variasi menu ikan yang baru ni di dapurku. Biasanya kalau mau bikin ikan kecap nggak pedes dan berkuah yang banyak, karena zauji suka kuah. Jadi hari ini nyoba yang pedas, dan ternyata beda dengan yang biasanya. Lebih nikmat menurutku. Dan pertma kali juga mencoba memasukkan gula merah kedalam masakan. Biasanya rada takut memasukkannya, karena takut zauji nggak suka rasanya. Alhamdulillah nggak terasa manis sekali, malah klop perpaduan gula dan garamnya. Biasanya variasi menu ikan ya seputar ikan kembung yang selalu dibeli zauji, tapi entah kenapa kebetulan di rumah adanya ikan yang lain, diolah begini juga sepertinya nggak masalah. Kurang tahu sih nama ikannya, saya menyebutnya ikan belang, karena warnanya hitam putih, mungkin masih saudaraan sama zebra ya, hehehehee.




Untuk pelengkap menu utamanya, saya sajikan tumisan kacang panjang dan kol yang sudah sering saya buat, maklum simpel tapi zauji suka dengan olahan begini. Dan hari ini sepertinya terkena virus baking blue, agak malas gitu mau bikin kue, jadi sarapan anak-anak ya cuma roti syaksuka, tapi jangan salah, rasanya nikmeh...hehehee berlebihan ya. Memang biasanya kalau nggak roti selai coklat atau selai strawberry ya roti syaksuka ini. Soalnya sejak hamil, mood membuat sarapan pagi berkurang drastis, masak aja cuma sekali sehari, siang digabung dengan malam. Kalau mau baking ya jam sepuluhan sampai menjelang zhuhur, Ini sudah lumayan dibanding hamil muda kemarin yang benar-benar malas baking. Baking blue syndrom deh.

Eh sepertinya udah cerita kemana-mana ya, balik ke ikan kecap pedas tadi, proses membuatnya insyaAllah mudah dan rasanya nggak mengecewakan, yuk coba di rumah.




Resep Ikan Masak Kecap Pedas
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 4 ekor ikan
2. 10 buah cabe merah
3. 6 buah cabe rawit
4.1 buah tomat
5. 6 buah bawang merah
6. 3 siung bawang putih
7. Garam secukupnya
8. Gula merah sesuai selera
9.  4 sdm kecap manis
10. 100 ml air

Cara Membuat:

1. Balur ikan dengan garam dan jeruk nipis, diamkan beberapa saat kemudian goreng.
2. Haluskan cabe, bawang dan tomat.
3. Tumis bumbu halus, Masukkan ikan, balur semua ikan dengan bumbu, tuang air dan tuang kecap.
4. Bubuhkan garam dan gula merah, masak hingga bumbu meresap dan air mendidih. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

2 comments:

mutia ohorella said...

Wahhh...Dimakan dengan nasi hangat enak banget tuu...nyam!nyam! :)

Dapur Comel Selma said...

Nyam-nyam betul sekali...apalagi makannya sama yang tercinta..hehehee...
tx for visit my blog...muhun maaf baru bls ya...baru ngeh kalau banyak komentar yang terlewat