Kolak Campur

Bismillah

Pagi memasuki musim dingin. Kalau dingin-dingin, bawaannya selalu laper ya. Apalagi ada tanggungan beybi dalam perut. Hehee alesan aja ni supaya bisa banyak makan. Yang hangat-hangat favoritnya keluarga saya apalagi kalau bukan kolak. Kolak bener-bener favorit zauji plus anak-anak. Nah, spesial buat pagi ini saya membuat yang komplit, ada ubinya, ada pisangnya plus ketan putih. Wah ternyata satu porsi dapat banyak. Saya nggak kuat menghabiskan seporsi. Dibantu sama dua krucil yang lahap banged mam kolaknya baru deh habis juga seporsi. Alhamdulillah, hangat dan nikmat.

Resepnya saya contek dari dapur manis mbak rina, jazakillahu khairan mbak, resepnya selalu saya contek ni. Blognya mbak rina memang kreatif masyaAlloh dan bener-bener menginspirasi saya.

Resep Kolak Campur
Sumber: Rina Audie
Bahan :
1. 150 gram gula merah, disisir
2. 300 ml air
3. 700 ml santan encer  (sisa perasan santan kental)
4. 3 lembar daun pandan, simpulkan
5. 200 ml santan kental dari ½ butir kelapa
6. 300 gram singkong yang telah dikupas, potong dadu(saya skip)
7. 300 gram ubi merah yang telah dikupas, potong dadu (saya ubi kuning)
8. 1 sisir (10 buah) pisang raja, potong bulat
9. 75-100 gram gula pasir
10. ¼-1/2 sdt garam
11. 400 gram ketan putih/hitam

Cara Membuat :
1. Rendam ketan putih semalaman. Kukus ketan putih selama 30 menit, sisihkan.
2. Rebus gula merah dan air sampai gula jadi larut. Saring dan sisihkan.
3. Tuang santan encer ke dalam panci, menyusul daun pandan, singkong dan ubi. Rebus sampai matang dan empuk.
4. Masukkan air gula merah, santan kental dan pisang raja. Masukkan juga garam dan gula pasir. Aduk-aduk santan dengan cara ditimba-timba supaya santan tidak pecah. Jangan lupa koreksi rasanya.
5. Setelah mendidih matikan api.
6. Penyajian : letakkan ketan di dalam mangkuk kemudian tuangi dengan kolak.
Selamat Mencoba ^_^
7 Nov 2014

2 comments:

rina audie said...

senang deh kalo bikin resep dari DapurManis terus hasilnya disukai gini. Asli kolak ini bikin wareg alias kenyang hihi....

Dapur Comel Selma said...

iya mbak..saya sering ni comot resepnya dapur manis...cocok ma selera keluarga...makasi ya mbak...
iya kenyang banged..ni makannya bareng sama anak-anak... :)