Marble Egg bumbu bali


Bismillah

Beneran bingung kalau melihat stok bahan makanan di rumah. Yang bisa diolah cuma telur. Bosan sekali kalau harus makan yang itu-itu aja, telur dadar, telur ceplok dll. Pengen yang spesial dan baru. Melihat marble egg ini agak ajib juga rasanya. Kok bisa telurnya kelihatan seperti retak-retak begitu. Penasaran banged.

Kalau rasanya mirip gulai telor minang, ternyata telor rebus minang itu kenapa bisa tebal mungkin dipindang dahulu seperti ini. Besok-besok mau coba dipindang terus digulai seperti yang dijual itu. Overall kata zauji, kuah balinya enak, zauji suka. Sipp deh.

Resep Marble Egg bumbu bali
Sumber: Analisa Ummu Abel
Bahan Marble Egg :
1. 4 butir telur
2. 1 liter air
3. 3 tea bag
4. 3 lembar daun salam
5. 2 sdm garam
6. 1 sdt gula pasir
Bumbu Bali :
1. 250 ml santan
2. 1 batang serai
3. 1/2 sdt jahe bubuk
4. 2 lembar daun salam
5. 1 sdm air jeruk lemon.
Bumbu yang dihaluskan :
1. 6 buah bawang merah
2. 4 siung bawang putih
3. 3 buah cabe merah
4. 1 buah tomat
5. 1 sdt terasi
6. 1 sdm gula merah
7. Garam secukupnya.

Cara Membuat:
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan telur, tunggu kira-kira 10 menit, angkat, ketuk-ketuk kulit telur, masukkan lagi telur kedalam air beserta tea bag, daun salam, garam dan gula pasir. tunggu kira2 1 jam dengan api kecil. setelah kulit telur berwarna kecoklatan, angkat, dan kupas.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan Telur yg sudah dikupas dan sisa bumbu lainnya, aduk-aduk sebentar, masukkan santan, masak dengan api sedang sampai kuah mengering
Selamat Mencoba ^_^
5 Nov 2014

No comments: