Muffin Apel

Bismillah

Sarapan pagi anak-anak hari ini adalah muffin apel. Tumben-tumbennya bikin muffin karena ngiler lihat stok apel yang ranum-ranum menggoda untuk diolah. Hehehe udah kangen juga sama muffin. Selain buatnya cepat dan simpel. Alhamdulillah anak-anak juga suka sekali. Sensasi apel dan wijennya enak banged, manis. Suka sekali dengan muffin apelnya.

Sayang zauji nggak kebagian muffinnya. Kebetulan zauji lagi pergi ke maktabah. Muffinnya direbut anak-anak nggak disisain. Alhasil diem-diem aja, nggak bilang zauji kalau hari ini buat muffin. Kasihan kalau dikasi tahu tapi nggak kebagian. Next projek sepertinya muffin wortel. Agak penasaran gimana rasanya. Walaupun anak-anak nggak bermasalah dengan sayuran. Abdullah aja yang bayi suka sayuran hijau seperti kacang panjang bahkan yang pahit kadang dicobanya. Tapi tetap penasaran sepertinya rada unik gitu kalau wortel dijadikan muffin. Mudah-mudahan bisa terlaksana. Ok deh, langsung ke resepnya ya, resep saya ambil dari blog mbak rina audie, yang menshare resep sajian sedap.

Resep Muffin Apel
Sumber: Rina Audie-Sajian Sedap
Bahan:
1. 150 gram tepung terigu
2. 1/2 sdm baking powder
3. 1/2 sdt soda kue
4. 1/4 sdt garam
5. 50 gram gula pasir
6. 2 sdm margarin
7. 125 ml homemade buttermilk (125 ml susu cair hangat + 1 sdm air jeruk lemon/nipis)
8. 100 gram apel, parut kasar
9. Wijen secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven suhu 190°C. Siapkan loyang muffin mini, alasi kertas cup. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk menggunakan garpu sampai berbutir.
3. Tuang buttermilk, aduk sampai rata. Masukkan apel dan sebagian coklat keping, asal aduk saja, tidak perlu rata. Jangan overmix ya supaya tidak bantat.
4. Tuang kedalam cetakan, taburkan sisa coklat chips.
5. Oven selama 20 menit sampai permukaannya kuning kecoklatan.
Selamat Mencoba ^_^
6 Nov 2014

No comments: