Tongseng Ayam

Bismillah




Menu siang ini mau coba masakan jawa, tepatnya masakan khas surakarta, jawa tengah yaitu tongseng. Kayaknya kalau "wong jowo" pasti menggemari hidangan ini. Kalau diibaratkan gulainya jawa ya tongseng ini. Biasanya saya membuat gulai khas sumatra, tapi ingin juga mencoba masakan jawa ini, lebih segar dibandingkan gulai ala sumatra yang berlemak. Plus lebih hemat juga, karena tongseng ini adalah gulai dengan campuran sayur didalamnya. 

Sebenarnya asalnya tongseng ini menggunakan daging sapi dan lebih terkenal dengan daging kambing, tapi bisa juga untuk lebih sederhananya, diganti daging ayam yang tentunya lebih murah dibanding sapi atau kambing. Selain dicampur sayuran, penambahan kecap manis adalah syarat utama dan sekaligus pembeda tongseng dengan gulai ala sumatra.

Dan ternyata olahan ala jawa ini juga disukai zauji. Memang zauji penggemar masakan berkuah,tapi dia kurang suka olahan ala jawa yang cenderung manis, tapi karena tongseng ini tidak manis, dia jadi suka deh. Pedesnya juga seger, karena adanya cabe rawit dalam kuahnya, hmmm enaaak. Belum lagi wangi daun-daun membuat tongseng ini bertambah segar. Disajikan dengan nasi hangat ditabur bawang goreng tentu lebih nikmat ya. Untuk percobaan perdana ini, saya memilih resep simpel mbak hanni nurhayati dengan hanya menggunakan seperempat kilo daging ayam.




Resep Tongseng Ayam
Sumber: Hanni Nurhayati

Bahan:

1. 250 gram ayam, potong kecil-kecil
2. 2 lembar kol, iris tipis
3. 1 buah tomat, potong-potong
4. 500 ml santan
5. 6 bawang merah, iris tipis
6. 3 siung bawang putih, haluskan
7. 1 ruas jari kunyit, haluskan
8. 3 butir kemiri, haluskan
9. 1 ruas jari jahe, memarkan
10. 1 batang sereh, memarkan
11. 1 ruas jari lengkuas, memarkan
12. 2 lembar daun jeruk
13. 5 buah cabe rawit, iris 
14. 7 buah cabe merah, iris
15. 4 sdm kecap manis
16. 1/2 sdt merica bubuk
17. 1 sdt garam




Cara Membuat:

1. Tumis bawang merah hingga harum dan kecoklatan, masukkan bumbu yang dihaluskan, tumis hingga harum.
2. Masukkan bawang iris, cabe iris, jahe, lengkuas, sereh dan daun jeruk, kemudian masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna, beri kecap, aduk sebentar lalu tuang santan.
3. Masak hingga mendidih, sambil diaduk-aduk.
4. Menjelang matang, masukkan irisan kol dan tomat, masak sebentar, angkat.
5. Siap disajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: